Terkenal Misterius, Ini 7 Kisah Kapal Hantu Di Dunia!


kapal hantu di dunia

Lautan yang luas memang menyimpan misteri di dalamnya. Termasuk kisah kapal hantu yang menjadi perbincangan di dunia.

Disebut kapal hantu, konon kapal-kapal itu menampakan diri di lautan disertai dengan kisah misterius di dalamnya. Saking misteriusnya, beberapa misteri kapal sampai saat ini masih belum terpecahkan terkait kisah di dalamnya dan bagaimana itu bisa terjadi.

Berikut 7 kisah kapal hantu yang paling terkenal di dunia

1. The Flying Ducthman

kapal hantu di dunia

Kisah kapal hantu yang satu ini, paling terkenal di dunia. Kapal Belanda ini ditakdirkan dan dikutuk untuk berlayar di lautan selamanya!  

Pada abad ke-17, kapten Van der Decken mengambil rute berbahaya  dan tetap nekat, walaupun para kru sudah memohon. Entah apa yang menyebabkan kapten itu tetap nekat melewati rute berbahaya yang disebut Tanjung Harapan.

Bahkan sang kapten bersumpah akan terus berlayar hingga hari kiamat! Dan dari hal itulah legenda kapal The Flying Dutchman dimulai, kapal yang membawa awak-awaknya dan gak pernah bisa pulang!

Konon, jika melihat kapal hantu ini, akan membuat kapal yang melintas menjadi tersesat, tenggelam, bahkan menandakan kematian sudah dekat!

2. Ourang Medan

kapal hantu di dunia

Kapal asal Belanda ini, juga menyimpan kisah misterius yang belum terpecahkan. Di dalam kapal, gak ditemui kerusakan dan kapal tampak baik-baik saja. Kejadian ini bermula pada tahun 1947, ketika kapal di sekitar Ourang Medan merespon pesan misterius.

Pesan misterius itu berbunyi Aku Mati dan di respon oleh dua kapal Amerika yang ketika itu melintas di Selat Malaka.

Namun, yang membingungkan adalah para kru yang tewas dan gak ditemukan luka atau cedera dalam tubuhnya. Anehnya, para kru yang tewas itu seperti menampakkan ekspresi ketakutan.

3. Mary Celeste

kapal hantu di dunia

Pada tahun 1872, ditemukan sebuah kapal terombang-ambing di Samudera Atlantik. Kapal itu ditemukan oleh kapal De Gratia yang melintas. Namun, di dalamnya gak ada kru sama sekali, hilang misterius.

Gimana gak misterius? Solanya, kapal yang ditemukan tampak dalam keadaan baik. Sementara, barang-barang di dalam kapal juga masih terlihat utuh. Hanya saja, semua berkas yang ada di kapal dan sekoci gak ditemukan di kapal.

Dipastikan, para kru meinggalkan kapal dengan tergesa-gesa. Namun, sampai saat ini belum diketahui alasannya. Mengingat gak ada tanda-tanda perompakan, perkelahian, karena kapal dalam kondisi baik.


4. Octavius

kapal hantu di dunia

Pada tahun 1775, kapal penangkap ikan paus bernama Herald, menemukan kapal misterius di Greenland. Di dalam kapal itu, terlihat semua kru telah tewas dalam keadaan membeku!

Dalam catatan laporan yang ditemukan di meja kapten kapal, kapal mulai memasuki wilayah ini pada tahun 1762. Dan itu artinya, kapal Octavius sudah terombang-ambing di lautan selama 13 tahun!

Diduga para seluruh kru kapal tewas karena memilih rute pendek namun berbahaya. Dan hal itulah yang menyebabkan seluruh kru tewas dalam keadaaan membeku akibat suhu ekstrem.

5. SS Valencia

kapal hantu di dunia

Para nelayan maupun pelaut, mengaku pernah melihat penampakan kapal uap SS Valencia yang mengambang di sekitar Pachena Point, setelah beberapa dekade kapal SS Valencia tenggelam. Namun, bangkai kapal dari SS Valencia belum ditemukan

Kapal yang tenggelam di Vancouver, British Columbia, pada tahun 1906 membawa 180 penumpang dan hanya 37 penumpang saja yang selamat.

6. Caleuche

kapal hantu di dunia

Di Chili, ada legenda kapal hantu yang terkenal tepatnya di Pulau Chiloe. Hampir setiap malam, kapal ini muncul di dekat Pulau Chiloe.

Menurut kepercayaan setempat,  kapal tersebut terdapat roh-roh orang yang meninggal karena tenggelam.

Penampakan kapal itu terlihat dengan kapal layar yang berwarna putih dan dipenuhi lampu, serta seperti terdengar suara pesta di dalam kapal.  Namun, keberadaan kapal ini dengan cepat menghilang tanpa meninggalkan jejak.

7. Lady Lovibond

kapal hantu di dunia

Kapal ini sengaja mengarah ke zona berbahaya, Goodwind Sands, karena seorang rekan kapten yang cemburu pada sang kapten, karena perayaan pernikahan.

Sang kapten, membawa istrinya dengan maksud untuk merayakan pernikahannya sekaligus berbulan madu. Mitos keberadaan perempuan di kapal, juga makin menguatkan dan konon akan membawa nasib buruk.

Pada akhirnya, kapal yang ini hancur dan menewaskan seluruh krunya pada 13 Februari 1748. Berselang 50 tahun, konon penamapakan kapal itu muncul dan hampir saja bertabrakan dengan kapal Edenbridge yang melintas.

Lima puluh tahun berturut-turut, 1848, 1898, dan 1948, kapal ini muncul kembali. Sayangnya pada tahun 1998, orang-orang yang ingin menyaksikan sendiri penampakan Lady Lovibond di Goodwind Sands, gak ada kapal yang muncul.

Memang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Jangankan di permukaan laut, lautan dalam yang luas pun masih menyimpan berjuta-juta misteri di dalamnya!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Terkenal Misterius, Ini 7 Kisah Kapal Hantu Di Dunia!"

  1. Saya sering liat itu gan kapal Flying Ducthman >_< di spongebob wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak, ada di Sobongebob gan. di film Pirates of The Caribbean juga ada gan

      Hapus
  2. Serem banget ya. Titanic kok tidak ada kisah atau mitos yg menyeramkan ya, setelah puluhan tahun tenggelam padahal menewaskan banyak orang. Tapi yang ada malah kisah percintaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener gan. mungkin yang paling diingat dan dikenang kisah percintaannya gan. daripada seluk beluk kisah misterinya ada atau gaknya

      Hapus

Terima kasih sudah mampir, tolong kasih komentar sesuai isi konten, ya

iklan atas artikel (kosong)

Tengah Artikel 1

Tengah Artikel 2 (mgid)

Loading...

iklan bawah artikel (rajatraffic)