5 Kegunaan Pohon Kelapa Dari atas Hingga Akar. Terpakai Semua!


kegunaan pohon kelapa

Kelapa memang salah satu buah yang paling banyak kegunaannya. Tapi nih, gak hanya kegunaan buahnya aja yang dimanfaatkan.

Pohon kelapa dari atas hingga akar pun dapat semua dimanfaatkan.
Baik dari akarnya, batang, dan daun kelapa pun bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Yuk, langsung aja. Berikut 5 manfaat pohon kelapa dari atas hingga akar yang bisa diolah dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Penangkal dan mencegah banjir

kegunaan pohon kelapa

Dimulai dari pohon kelapa utuh. Pohon kelapa biasanya banyak ditemui di sekitar pantai-pantai, maupun sengaja di tanam di daerah perkebunan.

Jika pohon kelapa banyak tumbuh subur di daerah kamu, kamu seharusnya berterima kasih pada pohon kelapa. Soalnya nih, pohon kelapa dapat menyerap air hujan lebih cepat pada bagian akarnya.

Dan hal itulah yang dapat mencegah banjir jika terjadi hujan lebat.

2Menjaga daya tahan dan stamina

kegunaan pohon kelapa

Kemudian, adalah buahnya. Buah kelapa memang memiliki segudang khasiat terutama untuk kesehatan tubuh.

Yang paling umum, buah kelapa memang dikonsumsi untuk menjaga daya tahan dan stamina tubuh. Selain itu, air kelapa adalah minuman yang menyehatkan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Lihat juga: Pusing dan Mual Saat Bepergian, Mood Jadi Berubah! Ini 5 Cara Mengatasinya

3. Obat-obatan atau minuman herbal dan tradisional

kegunaan pohon kelapa

Lanjut ke bagian paling bawah, yaitu akar kelapa. Akar kelapa pun bisa dimanfaatkan untuk membuat ramuan herbal dan obat-obatan tradisional.

Biasanya yang paling sederhana, cukup dengan merebus akar kelapa dan kemudian menyaringnya untuk mendapatkan air rebusannya.

Dari air rebusan akar kelapa, dipercaya dapat menyembuhkan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

4Kayu

kegunaan pohon kelapa

Dari batang kelapa, dapat dimanfaatkan menjadi kayu. Kalau kamu pernah melihat bangunan panggung atau gubuk sederhana dan juga polisi tidur yang dibuat warga, itu adalah salah satu dari pemanfaatan batang kelapa.

Selain itu, biasanya digunakan untuk jembatan darurat yang menghubungkan dari desa ke desa, hingga pembuatan rakit menggunakan batang kelapa.

5. Kerajinan tangan

kegunaan pohon kelapa

Dan yang terakhir adalah daun kelapa. Daun kelapa biasanya digunakan sebagai atap untuk sebuah panggung dan gubuk sederhana.

Dan yang paling banyak dimanfaatkan adalah pembuatan kerajinan tangan. Kerajinan tangan seperti tas dan tas.

Selain itu, daun kelapa paling laris menjelang hari lebaran. Yups, daun kelapa yang diubah jadi ketupat.

Nah, itu salah satu pemberian alam yang dapat dimanfaatkan dan ternyata banyak yang bisa dimanfaatkan dari pohon kelapa

Kira-kira, bisa dimanfaatkan menjadi apa lagi nih?


Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "5 Kegunaan Pohon Kelapa Dari atas Hingga Akar. Terpakai Semua!"

  1. wah baru tau kegunaan pohon kelapa bisa banyak gini, gw biasanya minum airnya aja bro. hahaha

    BalasHapus
  2. Wah kalo kelapa muda emang bener deh jagonya buat penambah stamina haha..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir, tolong kasih komentar sesuai isi konten, ya

iklan atas artikel (kosong)

Tengah Artikel 1

Tengah Artikel 2 (mgid)

Loading...

iklan bawah artikel (rajatraffic)