propeler ads

Sebelas Duabelas Sama Siput, Ini 5 Hewan Paling Lambat di Dunia!


hewan paling lambat

Siput memang dikenal hewan paling lambat. Biasanya nih, siput sering dijumpai di tempat-tempat yang lembab seperti di kebun maupun taman.

Berdasarkan penelitian, siput memiliki kecepatan yang hanya 1.34 cm per menit, atau 80.4 cm per jam! Dan itu menjadikannya hewan paling lambat di dunia. Tapi nih, masih ada hewan yang pergerakannya lambat, walaupun kecepatannya masih di atas siput.

Berikut 5 hewan paling lambat di dunia selain siput!

1. Bintang Laut

hewan paling lambat

Pernah melihat bintang laut berjalan? Ternyata, bintang laut bergerak menggunakan kaki-kakinya yang terbentuk dari ribuan tabung-tabung kecil. Bahkan dengan itu, Bintang Laut dapat berjalan di pantai.

Karena gak memiliki rangka yang membantu pergerakan inilah yang membuat gerakan Bintang Laut lambat. Bintang Laut bergerak mengandalkan kaki-kaki tabung kecilnya. Kecepatan bergerak Bintang Laut 15 cm sampai dengan 1 meter per menit.

2. Kungkang



hewan paling lambat

Kungkang adalah mamalia yang hidup di pohon-pohon dan merupakan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan.

Kungkang ini banyak ditemukan di Brazil dan Panama. Kalau kamu pernah melihat pergerakan dari Kukang, pasti akan merasa gemas banget. Soalnya Kukang bergerak hanya pada kecepatan 2 meter per menit!

Bukannya malas bergerak, hal ini dikarenaka sistem metabolisme Kukang sangat rendah. Menurut penelitian, dalam sehari rata-rata Kungkang hanya bergerak 40 meter.


3. Kura-Kura Raksasa Galapagos

hewan paling lambat

Kura-kura merupakan jenis reptil. Meskipun gak semua kura-kura yang bergerak lambat, namun Kura-Kura Raksasa Galapagos termasuk Kura-Kura yang dikenal lamban.

Kura-Kura yang memiliki habitat di Kepulauan Galapagos ini memiliki kecepatan bergerak 5 meter per menit.

Meski begitu, Kura-Kura Raksasa Galapagos dapat hidup sampai 170 tahun, lho! 


4. Kuda Laut

hewan paling lambat

Kuda laut adalah jenis ikan yang memiliki ukuran 15 cm hingga 35 cm. Dengan tubuh yang sekecil itu dan dikenal sebagai perenang yang buruk,  Kuda Laut bergerak dengan kecepatan rata-rata 25 meter per menit.

Meski dikenal sebagai ikan yang kurang lihai dalam berenang, namun Kuda Laut dikenal sebagai hewan yang paling setia dengan pasangannya.

Kemanapun pasangannya pergi, maka keduanya akan salaing mengaitkan kedua ekornya. Seperti halnya bergandengan tangan.


5. Kukang

hewan paling lambat

Terkadang, hewan yang satu ini disebut sama dengan Kungkang. Padalah, keduanya berbeda. Kalau Kungkang adalah mamalia, sedangkan Kukang  itu adalah Primata. Habitat asilnya berada di daerah datarang tinggi bagian timur dan tengah di Kalimantan.

Sebagai Primata kecil dan malu-malu, Kukang hanya bergerak pada kecepatan 30 meter per menit.  Namun ternyata, dibalik sosok menggemaskannya, Kukang adalah hewan yang berbisa!

Kukang memiliki bisa yang beracun pada gigitannya. Racun pada gigitan Kukang dapat menyebabakan Syok Anafilaksis atau alergi berat, yang bila gak segera ditangani dapat menyebabkan kematian!

Meski dikenal sebagai hewan paling lambat, hewan-hewan di atas juga memiliki kelebihannya masing-masing. Dan hewan-hewan itu pun juga memiliki alasan kenapa mereka bergerak lambat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sebelas Duabelas Sama Siput, Ini 5 Hewan Paling Lambat di Dunia!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir, tolong kasih komentar sesuai isi konten, ya

iklan atas artikel (kosong)

Tengah Artikel 1

Tengah Artikel 2 (mgid)

Loading...

iklan bawah artikel (propeller ads