propeler ads

7 Jajanan Dari Telur Ini Rasanya Bikin Nagih! Pernah Coba?

jajanan dari telur

Kalau ngomongin soal jajanan, pasti yang kebayang adalah mulut yang gak bisa berhenti makan. Soalnya, entah kenapa makanan yang dipinggiran semisal di dekat sekolah, perkantoran, dan lainnya, pasti lebih menarik dan rasanya khas banget. Apalagi kalau udah sering beli dan langganan.

Di antara banyaknya jajanan, ada beberapa jajanan yang bahan dasarnya dari telur. Yups, telur memang menjadi bahan dasar makanan yang paling utama. 

Gak jarang, banyak pedagang jajanan yang memilih berjualan dengan bahan dasar telur. Dan juga, kalau ingat masa-masa sekolah dan bahkan sampai saat ini seakan gak ditelan zaman. Jajanan telur pun masih ada. 

Berikut 7 jajanan dari telur yang rasanya bikin nagih!

1. Telur gulung

jajanan dari telur

Jajanan yang satu ini paling simple banget. Soalnya, Cuma butuh satu bahan aja, yaitu telur dan sepotong lidi untuk menggulung telurnya!

Tapi nih, telur gulung ini bisa dikreasikan dengan sosis. Jadi namanya telur gulung sosis. Kalau kurang, bisa ditambahkan dengan mie. Jadi namanya mie telur gulung sosis. 

Yups, tergantung dari abang-abang yang jualan telur gulungnya, ya. Biasanya sih, varian yang paling umum sosis dan mie.

2. Cilor

jajanan dari telur

Kalau jajanan yang satu ini, masih satu kerabat dengan Cimol dan Cilok. Yang membedakan dari Cilor adalah ditambahkan telur.
Sudah bisa kamu tebak, kepanjangan Cilor adalah Aci dengan Telur. 

Sensasi rasa kenyal memang berasal dari Aci. Sementara telurnya bisa dibilang untuk menambahkan rasa gurih dimulut. Apalagi kalau dengan penambahan bumbu pedas tergantung selera kamu.

3. Telur Dadar Bulat

jajanan dari telur

Bukan tahu bulat, ya. Tapi ini adalah Telur Dadar Bulat. Kalau tahu bulat biasanya dijajakan dengan mobil, kalau telur dada bulat ini dijajakan menggunakan sepeda maupun gerobak.

Sesuai dengan namanya, telur di dadar bulat dengan di letakan di loyang berbentuk bulat kecil. Di dalam loyang itu, terdapat beberapa bagian bulat yang nantinya membentuk telur menjadi bulat.

Setelah selesai di buat, telur dadar bulat biasanya disajikan dengan saus maupun kecap. 

Baca juga: 7 Cemilan Malam Hari Yang Anti Gemukin Badan. Tetap Sehat!

4. Telur puyuh ceplok

jajanan dari telur

Sama dengan telur dadar bulat, pembuatan telur puyuh ceplok ini dibuat di dalam loyang bulat kecil-kecil. Bedanya, adalah bahan yang digunakan dan cara penyajiannya.

Kalau telur dadar bulat menggunakan telur ayam pada umumnya, kalau telur puyuh ceplok menggunakan telur burung buyuh sesuai dengan namanya.

Dan cara membuatnya pun langsung di letakan di dalam loyang alias di ceplok. Menurut penelitian, dua buah telur burung puyuh sama dengan nutrisinya dengan satu telur ayam, lho! Manfaat yang didapat dari proteinnya pun sama.

5. Cimin

jajanan dari telur

Kalau jajanan yang satu ini, bernama Cimin. Cimin merupakan singkatan dari Cilok Mini Telur. Pada awal pembutannya sih memang sama dengan Cilok. Tapi yang membedakan adalah tahap penyelesainnya.

Cilok kemudian ditusuk dan digoreng bersama dengan adonan telur yang sudah dipersiapkan. Sebagai pelengkap, Cimin disajikan bersama dengan saus dan kecap.

6. Lumpia Telur

jajanan dari telur

Kamu pernah coba jajanan Lumpia Telur? Jajanan yang satu ini terbuat dari telur, kulit lumpia, dan isiannya bisa ditambahkan sosis ayam maupun sapi. Rasanya memang agak mirip dengan martabak, sih. Tapi, kalau martabak ada beberapa bahan yang ditambahkan. 

7. Pizza mie telur

jajanan dari telur

Kalau makanan yang satu ini, kamju gak bakal menemukan abang yang menjajakannya. Tapi nih, makanan Pizza Mie Telur sudah cukup populer sebagai makanan kreasi rumahan.

Cara bikinnya gampang banget. Kamu hanya perlu mencampurkan mie yang sudah kamu rebus dan diriskan dengan telur, setelah itu diberi bumbu.

Kalau keduanya sudah dicampurkan, kemudian adonan telur dan mie itu digoreng dan dibentuk bulat. 

Yups, setelah matang, jadilah Pizza Mie Telur yang siap untuk disajikan. Dan jangan lupa untuk menyantapnya dengan saus!

Kamu udah pernah coba semuanya, belom? Kalau belum dan pengen nyoba, rasanya kamju harus menelusuri pinggiran jalan atau sekolah-sekolah yang menjajakan jajanan dari telur, ya!

Selamat mencari jajanan dan mencoba!

Baca juga: Suka Pedas? Ini 7 Kuliner Pedas di Jogja Yang Bikin Merem Melek!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Jajanan Dari Telur Ini Rasanya Bikin Nagih! Pernah Coba?"

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir, tolong kasih komentar sesuai isi konten, ya

iklan atas artikel (kosong)

Tengah Artikel 1

Tengah Artikel 2 (mgid)

Loading...

iklan bawah artikel (propeller ads