propeler ads

Serupa Tapi Tak Sama. Ini 7 Perbedaan Bumbu Dapur Yang Dikira Sama!

macam bumbu dapur

Bumbu dapur adalah bahan rempah-rempah yang digunakan untuk melezatkan cita rasa makanan. Perpaduan bumbu dapur yang ada dalam makanan itulah yang membuat makanan menjadi lezat. Hal itulah yang membuat masakan Indonesia terkenal dengan kelezatan cita rasanya yang sangat enak.

Tapi nih, gak sekadar hanya mencampurkan bumbu maupun rempah-rempah dalam masakan. Tiap bumbu maupun rempah, memilikii peran dan manfaatnya masing-masing untuk memberikan cita rasa masakan, aroma, hingga membuat masakan itu menghasilkan warna.

Ada berbagai macam bumbu maupun rempah-rempah yang bisa digunakan dalam masakan. Mulai dari Jahe, Kemiri, Pala, Kencur, Kunyit, Merica, hingga daun kemangi. Tapi nih, beberapa menganggap sama atau keliru bumbu dapur yang digunakan. 

Berikut 7 perbedaan bumbu dapur yang sering dikira sama.

1. Kemiri – Pala

macam bumbu dapur

Jangan salah, walaupun sekilas agak mirip dari bentuk dan warnanya, namun Kemiri dan Pala itu berbeda. Kemiri memiliki bentuk yang agak bulat dan Kemiri memiliki warna kuning keputihan dengan tekstur yang halus.

Sedangkan untuk Pala, memiliki bentuk yang agak lonjong dan warnanya agak gelap.Kalau. Kalau kamu perhatikan, Pala memiliki bentuk yang agak besar, sedangkan Kemiri bentuknya melebar.

Kalau dari aroma dan rasa, keduanya jelas berbeda. Kemiri memiliki rasa tawar pada saat mentah, dan rasanya gurih seperti kacang. Sedangkan Pala, rasanya agak pedas dan hangat.     

2. Jahe - Lengkuas

macam bumbu dapur

Kalau kedua rempah ini, memang agak sulit dibedakan. Soalnya, untuk ukuran dan bentuknya hampir dibilang mirip. 

Kalau kamu perhatikan, Jahe memiliki warna cokelat muda yang agak halus. Sedangkan Lengkuas  memiliki warna kekuningan dan cokelat muda yang agak mencolok.

Kalau soal rasa, memang keduanya sama-sama memiliki rasa yang pedas. Tapi, kamu bisa bedakan dari menghirup aromanya. Kalau jahe memiliki aroma hangat dan agak manis, sedangkan Lengkuas memiliki aroma yang agak masam tapi menyegarkan.

Jadi, kalau kamu makan rendang, dan gak bisa digigit, bisa dipastikan itu adalah Lengkuas. 

3. Jahe - Kencur

macam bumbu dapur

Masih Jahe, ternyata Jahe juga memiliki kembaran dengan Kencur. Meskipun bentuknya hampir mirip, namun Jahe memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan Kencur. Kencur memiliki bentuk yang agak bulat.

Ketika kamu memotong Kencur dan Jahe, memang memiliki warna yang sama. Tapi tenang aja kok, bisa kamu bedakan dari aromanya. Kencur memiliki aroma yang gak terlalu kuat daripada Jahe.

Baca juga:  7 Jajanan Dari Telur Ini Rasanya Bikin Nagih. Pernah Coba?

4. Kunyit – Temulawak

macam bumbu dapur

Kunyit dan Temulawak, memang lebih digunakan untuk olahan herbal. Untuk soal khasiat, keduanya gak perlu diragukan lagi untuk mengobati masalah kesehatan. Keduanya pun nyaris persis sama dari segi bentuk dan warna.

Sama-sama memiliki warna kuning pekat, keduanya masih bisa dibedakan. Warna kuning di Temulawak masih lebih halus jika dibandingkan dengan warna kuning Kunyit yang agak mencolok. 

Kalau untuk rasanya, keduanya memiliki rasa yang agak pahit dan pedas. Tapi, kunyit masih ada sedikit rasa manis samar-samar. Sedangkan Temulawak, rasa pahitnya terasa kuat.

5. Merica – Ketumbar

macam bumbu dapur

Merica merupakan Lada yang masih utuh. Sedangkan Lada adalah Merica yang sudah dihaluskan. Yups, Merica dan Lada adalah bumbu yang sama.

Namun, beda halnya jika dibandingkan dengan Ketumbar. Merica dan Ketumbar adalah dua bumbu dapur yang berbeda, meskipun keduanya memilki bentuk yang sama.

Kalau dari sisi warna, Lada memiliki dua warna yaitu hitam dan putih. Yang agak mirip, yaitu Lada putih dan ketumbar. Meskipun mirip, keduanya bisa dibedakan dengan tekstur ketumbar yang agak kasar dengan garis-garis di permukaannya.  

Kalau dari rasanya, Lada memiliki rasa yang lebih kuat dari ketumbar. Rasa Lada pahit namun ada sensasi pedas dan hangat. Berbeda dengan ketumbar yang memiliki rasa pahit dan hambar.

6. Jintan – Adas

macam bumbu dapur

Selanjutnya, ada Jintan dan Adas. Bentuk keduanya, memang sama-sama panjang. Tapi nih ,kalau diperhatikan, Jintan berbentuk panjang lurus, sedangkan Adas berbentuk panjang dan agak melengkung.

Kalau untuk soal rasa, Jintan memiliki rasa seperti kacang, sedikit mint, dan wangi khas herbal. Sedangkan untuk Adas, rasanya lebih manis dari Jintan.

7. Kemangi – Daun Ruku-Ruku

macam bumbu dapur

Kemangi adalah daun yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan. Kemangi memiliki aroma yang khas dan rasanya yang agak pedas dan dingin. Sedangkan, kalau Ruku-Ruku memiliki rasa dingin dan pedasanya menyerupai daun mint, tapi agak pahit. 

Kalau untuk bentuk, keduanya memang mirip. Soalnya, Kemangi dan Ruka-Ruka berada dalam satu Genus, yaitu Ocimum. Namun, yang sedikit yang membedakan adalah batang dan daun Ruku-Ruku memiliki bulu-bulu yang halus.  

Jadi, ada perbedaan di antara ketujuh bumbu dapur yang disebutkan di atas. Walaupun bentuknya mirip, namun aroma dan rasanya sudah pasti berbeda, ya!

Baca juga: 7 Cemilan Malam Hari Yang Anti Gemukin Badan. Tetap Sehat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Serupa Tapi Tak Sama. Ini 7 Perbedaan Bumbu Dapur Yang Dikira Sama!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir, tolong kasih komentar sesuai isi konten, ya

iklan atas artikel (kosong)

Tengah Artikel 1

Tengah Artikel 2 (mgid)

Loading...

iklan bawah artikel (propeller ads