Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kaya Akan Kuliner, Ini 5 Makanan Khas Banyuwangi Bikin Goyang Lidah!

makanan khas banyuwangi

Ada banyak makanan khas Banyuwangi yang bisa kamu icip, kalau kamu mampir ke kabupaten yang letaknya di ujung timur pulau Jawa.

Kalau Soal rasa, gak perlu kamu ragukan lagi, deh! Sudah pasti lezat rasanya. Beraneka jenis makanan ,mulai dari makanan pokok, makanan pendamping, hingga camilan yang bisa kamu bawa pulang jadi oleh-oleh!

Soal harga? Kamu gak perlu khawatir, makanan di Banyuwangi harganya murah, cocok banget sama kamu untuk menghemat pengeluaran buat melancong.

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Jember di sebelah barat, berikut 5 makanan khas di Banyuwangi yang bikin goyang lidah!

1. Sego Cawuk

makanan khas banyuwangi

Salah satu makanan khas Banyuwangi yang menjadi favorit wisatawan adalah Sego Cawuk. Sego Cawuk, merupakan makanan dengan perpaduan dari Nasi, Kuah dan parutan kelapa. 

Dan gak hanya itu aja, biasanya Sego Cawuk paling nikmat ditambahkan laut semisal telur, pepes ikan hingga dendeng. 

Kalau kamu ingin mencicipi Sego Cawuk yang paling lezat dan rekomendasi, kamu bisa mampir di di Sego Cawuk Mak Mantih, yang pemiliknya bernama Bu Mantih. 

Letaknya di Jalan Wahid Hasyim, tepatnya sekitar 500 meter dari stasiun Rogojampi.

2. Sego Tempong

makanan khas banyuwangi

Kalau makanan khas Banyuwangi yang satu ini, Nasi yang dipadukan dengan sayuran rebus, ikan asin dan gak lupa sambal pedas untuk menggugah selera. Dijamin, kamu bakal ketagihan ketika sudah mencicipinya sekali! 

Sego Tempong paling cocok nih buat kamu yang lagi menghemat pengeluaran. Rata-rata, Sego Tempong bisa kamu nikmati hanya dengan 7000 ribu saja, lho! Cukup murah, kan?

Baca juga: 7 Jajanan Dari Telur Ini Rasanya Bikin Nagih! Pernah Coba?

3. Rujak Soto

makanan khas banyuwangi

Bagi kamu yang pertama baru dengar makanan yang satu ini, mungkin akan terasa aneh. Yups, Rujak Soto adalah makanan perpaduan dari rujak dan soto. Bumbu rujak dikominasikan dengan kuah soto yang di dalamnya terdapat daging, babat, dan telur puyuh. 

Ada yang unik ketika kamu ingin mencicipi Rujak Soto ini. Kamu bisa mencicipi dengan dua pilihan. 

Pilihan yang pertama yaitu dengan kuah, dan yang kedua gak memakai kuah. Mau memakai kuah atau gak pake kuah, itu tergantung selera, kok. 

Jika kamu ingin mencicipi Rujak Soto, kamu bisa mampir ke kedai rujak soto Mbok Barat. Letaknya di kawasan Benculuk, Cluring, kabupaten Banyuwangi. Cukup merogoh kocek dua puluh ribu aja udah kenyang!

4. Bagiak

makanan khas banyuwangi

Makanan yang satu ini merupakan kue kering yang berbentuk lonjong yang dicampur dengan terpung sagu, kelapa parut dan bumbu khas lainnya. 

Walaupun memiliki tekstur yang agak keras, tapi akan lumer dan lembut di mulut setelah dikunyah. 

Kue Bagiak cocok banget nih dijadikan oleh-oleh. Ada berbagai pilihan rasa seperti kacang, susu, jahe dan kayu manis. 

Dan paling nikmat dinikmati bersama dengan kopi, teh, maupun susu hangat.

5. Pecel Pitik

makanan khas banyuwangi

Kuliner yang satu ini, bernama Pecel Pitik. Pecel Pitik adalah makanan yang berbahan dasar ayam kampung yang dipanggang, kemudian disuwir, lalu dilumuri dengan campuran bumbu kemiri, cabai rawit, terasi, gula garam, kelapa parut dan juga daun jeruk. 

Proses pembuatan dari Pecel Pitik ini cukup mudah. Yaitu dipanggang dengan cara tradisional. Nah, dari cara panggang inilah yang membuat rasa daging ayamnya lebih lezat. Kalau soal rasa, dijamin enak deh! 

Rasa pedas, manis dan gurih bercampur jadi satu saat kamu menyantap Pecel Pitik ini. Dan dijamin kamu gak akan pernah lupa dengan cita rasa khasnya!

Jadi, kalau kamu mampir dan lagi ada di sekitar Banyuwangi, jangan lupa untuk mampir kulineran, ya! Dijamin deh, kamu gak akan pernah lupa dan pastinya bikin nagih banget kalau soal rasanya.

Baca juga: Suka Pedas? Ini 7 Kuliner Pedas di Jogja Yang Bikin Merem Melek!

Post a Comment for "Kaya Akan Kuliner, Ini 5 Makanan Khas Banyuwangi Bikin Goyang Lidah! "

Loading...