Semua Butuh Proses, Ini 4 Manfaat Daur Ulang Sampah Plastik!


daur ulang plastik

Gak bisa dipungkiri, sampah plastik memang menjadi salah satu masalah yang harus diatasi. Salah satunya adalah dengan proses daur ulang plastik. Dengan cara mengolah daur plastik ini, setidaknya bisa mengurangi sampah-sampah plastik yang kian hari semakin menumpuk. Karena plastik adalah bahan baku yang butuh waktu lama untuk terurai di tanah.

Salah satu yang paling tepat untuk menanggulangi sampah adalah dengan proses mendaur ulang sampah plastik dan benda-benda lainnya. Dengan cara ini, bisa menjadi solusi untuk mengurangi volume sampah. Dan tentu dengan mendaur ulang plastik ini juga memiliki manfaat baik di baliknya.

Berikut 4 manfaat daur ulang sampah plastik yang bisa didapatkan.

1. Mengasah dan menambah pengetahuan tentang daur ulang sampah

daur ulang plastik

Ketika kamu memulai untuk mendaur ulang sampah, hal yang pertama yang harus dipikirkan adalah bagaimana dan untuk apa nantinya? Untuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna, memang membutuhkan kreativitas dan pengetahuan. Jadi, untuk kamu yang baru mulai jangan ragu untuk mencari referensi dari suatu sumber.

Jika sudah mulai dapat referensi, ide pun akan datang dengan sendirinya. Dengan sendirinya, kamu akan lebih cepat untuk mengerti tentang apa yang akan dibuat dan untuk apa kegunaannya nanti. Jadi jangan berpikiran bahwa itu sulit atau tidak bisa. Semuanya bisa dilakukan, asalakan kamu ada kemauan dan mencari pengetahuan.

2. Hemat bahan baku

daur ulang plastik

Yups, ketika kamu sudah mengetahui tentang ide mendaur ulang sampah plastik, kamu bisa langsug memulai. Contoh hal yang paling sederhana kamu bisa mendaur ulang botol bekas. Jika kamu ingin memanfaatkan bahan baku minim dan yang sudah ada, botol bekas bisa dimanfaatkan dengan berbagai macam benda yang bisa digunakan.

Kamu bisa memanfaatkan botol bekas menjadi pot bunga kecil yang diletakan atau pun bisa digantung. Kemudian bisa kamu buat untuk tempat meletakan berbagai alat-alat tulis, menjadi bunga hias, atau yang lebih sulit lagi nantinya bisa kamu manfaatkan dan mengubahnya menjadi seni kerajinan tangan.

Baca juga: 7 Hutan Terluas di Indonesia. Yuk, Lebih Peduli Dengan Lingkungan!

3. Bisa jadi ladang penghasilan

daur ulang plastik

Sampah plastik yang sudah gak diperlukan, tentu saja bisa dijadikan ladang penghasilan dan menghasilkan uang. Salah satu cara adalah kamu harus benar-benar kreatif dan membuat berbagai kreasi dari plastik-plastik bekas.

Seni kerajinan sampah plastik yang dapat dibuat misalnya adalah lampu hias atau lampion yang terbuat dari botol.  Bisa juga membuat seni kerajinan tangan yang lain seperti gantungan kunci, bross dari botol plastik dan masih banyak kerajinan tangan yang lainnya.

Dengan ide seperti ini, bukan gak mungkin akan menarik perhatian pembeli. Karena selain tertarik dengan fungsi dan kegunaannya, pembeli bahkan lebih tertarik dari bahan baku yang digunakan. Bagi pembeli yang membeli seni kerajinan dari plastik, menganggapnya adalah suatu hal yang unik.  

4. Ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan

daur ulang plastik

Dengan daur ulang plastik, berarti kamu membantu dan turut serta untuk menjaga kebersihan lingkungan. Jadi lingkungan di sekitar kamu jadi lebih bersih. Dan kalau lingkungan yang bersih itu sudah pasti kualitas udara di sekitar menjadi lebih sejuk dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Nah, itu dia 5 manfaat dari mendaur ulang sampah. Yuk, mulai sekarang dicoba dan lebih peduli lingkungan sekitar. Dan jangan ragu untuk menegur dan memperingatkan jika melihat seseorang yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan . Karena berawal dari tindakan yang kecil, bisa berdampak besar dikemudian hari!

Baca juga: 10 Hasil Daur Ulang Plastik Kemasan Ini Jadi Pajangan Keren. Coba, Yuk!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Semua Butuh Proses, Ini 4 Manfaat Daur Ulang Sampah Plastik!"

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, tolong kasih komentar sesuai isi konten, ya

iklan atas artikel

Tengah Artikel

Tengah Artikel 2 (mgid)

Loading...

iklan bawah artikel