7 Cara Ampuh Mengatasi Bulu Kucing Rontok. Simpel Dan Gak Repot, Kok!

bulu kucing rontok

Kalau kamu memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, pastinya kamu harus selalu merawat kucing dan menghindari masalah pada kucing kamu. Salah satunya adalah masalah bulu kucing yang rontok. Bulu kucing rontok ini memang menjadi salah satu persoalan yang dihadapi bagi pecinta kucing.

Tapi nih, jangan khawatir soal bulu kucing kamu yang gampang rontok. Ada solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kerontokan pada peliharaan menggemaskan kamu, kok.

Berikut 7 cara untuk mengatasi kerontokan pada bulu kucing.

1. Memandikan kucing dengan teratur

bulu kucing rontok

Walau pun sebagian kucing takut air, kamu harus tetap memandikannya. Dan yang terpenting, gunakan sampo maupun sabun yang hanya diperuntukan untuk kucing supaya bulu kucing terawat dan yang pasti kucing kamu menjadi harum.

Pastikan kamu memandikan kucing secara rutin. Karena jika kamu malas-malasan untuk memandikan kucing, potensi bakteri, maupun kutu atau tungau, akan membuat kerontokan pada bulu kucing.

2. Jangan lupa untuk mengeringkannya

bulu kucing rontok

Setelah memandikan kucing, jangan lupa untuk mengeringkan bulu kucing. Kamu bisa menggunakan hairdryer, blower, maupun dengan handuk dibantu sinar matahari untuk mengeringkan bulu kucing.

Pastikan kamu keringkan secara menyeluruh bagian bulunya maupun bagain kulit. Karena jika masih ada bagian yang lembab, ini akan membuat jamur tumbuh di kulit kucing yang lembab. 

3. Sisir bulu kucing

bulu kucing rontok

Memang sih, menyisir bulu kucing bukan pekerjaan yang mudah. Gak jarang, kamu akan menemukan bulu kucing yang rontok. Tapi memang bulu kucing rontok itu bisa jadi adalah bulu kucing yang telah mati dan berganti bulu.

Namun siapa sangka, ternyata menyisir bulu kucing pun dapat bermanfaat untuk kesehatan kucing itu sendiri. Di antaranya adalah dapat menyingkirkan kutu atau tungau, kucing merasa nyaman dan dapat memperlancar metabolisme tubuh si kucing.

Baca juga: 15 Ilustrasi Komik Gambarkan Yang Sebenarnya Dipikirkan Oleh Kucing

4. Perhatikan asupan makan

bulu kucing rontok

Pada dasarnya, kucing memang menyukai makanan yang diberikan dengan melihatnya memakan dengan lahap. Tapi, kamu juga harus perhatikan makanan dengan memberinya makanan dengan asupan gizi yang cukup untuk kucing.

Makanan yang dimakan oleh kucing pun sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh, maupun pertumbuhan bulu dan kekuatan bulu kucing. Jadi, pastikan untuk memenuuhi asupan makanan dengan gizi yang cukup untuk kucing peliharaan kamu, ya!

5. Kalau perlu, beri vitamin

bulu kucing rontok

Kerontokan pada bulu kucing bisa juga disebabkan oleh reaksi alergi terhadap benda di sekitar maupun zat-zat tertentu yang gak sengaja dimakan oleh kucing. Jika kamu sudah sangat memperhatikan dalam memilih asupan gizi makanan, namun masih menemukan kerontokan bulu pada kucing, cobalah untuk memberinya vitamin.

6. Perhatikan suhu ruangan

bulu kucing rontok

Kerontokan pada bulu kucing pun dapat dipengaruhi pada kondisi di lingkungan sekitar. Kondisi cuaca yang panas dapat mempengaruhi tingginya kelembaban pada kucing dan menyebabkan rontoknya pada bulu kucing.

Untuk itu, pastikan kucing tetap berada di ruangan yang cukup sejuk, agar bulu kucing menjadi semakin kuat dan tumbuh lebat.

7. Ajak kucing untuk bermain

bulu kucing rontok

Dan yang paling penting adalah kamu harus sering berinteraksi dengan kucing, misalnya adalah mengajaknya bermain. Dengan mengajaknya bermain, ini akan menghindari stress pada kucing. Kucing pun bisa juga mengalami stress! Kucing yang stress biasanya akan mengalami kerontokan pada rambut, sama halnya dengan manusia jika mengalami stress.

Yups, cara-cara di atas bisa kamu lakukan bila kucing kamu mengalami gejala kerontokan pada bulunya. Ingat, kenali gejala kerontokan pada bulu kucing dahulu, ya. Dan pastikan juga membawa kucing kamu ke dokter secara berkala atau rutin untuk memeriksa kesehatan pada kucing kamu.
Baca juga: Gak Cuma Air, Ini 7 Hal Yang Paling Dibenci Kucing!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Ampuh Mengatasi Bulu Kucing Rontok. Simpel Dan Gak Repot, Kok!"

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, tolong kasih komentar sesuai isi konten, ya

iklan atas artikel

Tengah Artikel

Tengah Artikel 2 (mgid)

Loading...

iklan bawah artikel