Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terkenal di Dunia, ini 7 Perusahaan yang Ganti Nama dan Lebih Sukses


google dulunya bernama backrub

Nama perusahaan, tentu menjadi hal yang penting. Bahkan, ada banyak perusahaan yang ganti nama. Termasuk perusahaan terkenal di dunia Sony, yang mengumumkan mengganti nama perusahaan pada awal Juli lalu.
 

Sony merupakan perusahaan asal negeri sakura yang telah mengumumkan mengganti nama dari Sony Coorporation menjadi Sony Group. Namun, nama Sony Group itu  baru akan berlaku mulai tahun 2021 tepatnya pada bulan April.

Raksasa yang terkenal karena produk elektroniknya itu, berdiri pada tahun 1946 dengan nama Tokyo Tsushin Kogyo. Lalu pada tahun 1958 mengganti nama menjadi Sony Coorporation.

Selain Sony, berikut 7 perusahaan yang pernah ganti nama.

1. Google

google dulunya bernama backrub
hardwarezone.com.sg
Seperti yang kamu ketahui, Google merupakan raksasa mesin pencari saat ini yang paling banyak digunakan. Sebelum nama Google dipakai, ternyata dulunya bernama BackRub, lho. Pencipta Google, Larry Page dan Serge Bin, berkolaborasi mendirikan dan mengembangkan mesin pencari yang diberi nama BackRub pada tahun 1996.  

Berselang setahun, nama BackRub kemudian berubah menjadi Googol. Nama Googol ini dipakai mengambil dari istilah matematika dari angka 1 yang diikuti oleh seratus angka nol dibelakangnya. 

Namun ternyata, para investor malah mengeja nama Googol dengan Google dan terlanjur menuliskan nama Google dalam sebuah cek. Maka nama Google itulah yang sampai saat ini dipakai. 

2. Facebook

facebook dulunya bernama facemash
thegeniusworks.com
Raksasa jejaring sosial yang mengakusisi WhatsApp dan Instagram, didirikan oleh Mark Zuckberg bersama 3 rekannya saat menjadi mahasiswa di Harvard tingkat dua pada tahun 2003 yang awalnya bernama Facemash. Facemash ini dulunya merupakan situs yang digunakan untuk membandingkan dua foto yang dapat dipilih oleh mahasiswa Harvard.

Mark mendapatkan foto-foto mahasiswa dengan cara membobol jaringan internal Harvard. Namun, situs Facemash kemudian ditutup oleh pihak kampus karena melanggar hak cipta, privasi dan keamanan. Buntut dari persoalan ini, membuat Mark dikeluarkan dari kampus.

Tapi nih, berkat itulah Mark mulai mengembangkan situas yang bernama Thefacebook yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Situs Thefacebook kemudian berganti nama menjadi Facebook setelah membeli nama domain facebook.com pada tahu 2005. Yups, sampai saat ini nama Facebook masih gak tergantikan.

3. Apple

apple dulunya bernama apple computer
marketingland.com
Pada awal didirikan pada tahun 1976, raksasa teknologi ini menggunakan nama Apple Computer. Pada tahun 2007, Steve Jobs mengumumkan menghilangkan nama Computer dan hanya menjadi Apple. 

Nama Apple dinilai untuk mencerminkan fokus perusahaan dalam mengembangkan teknologi dibidang elektronik dan software seperti Mac, iPod, Apple TV, hingga iPhone.

Steve Jobs bersama dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne mendirikan Apple dan berfokus untuk membuat komputer pada masanya. Penjualan Komputer Apple mengalami pun laris pada saat itu termasuk Apple II hingga Macintosh pertama pada tahun 1984. 

Namun, karena harga jual komputer yang terlampau mahal, terjadi perpecahan dan mengakibatkan Steve Wozniak beserta Steve Jobs keluar. Steve kemudian mendirikan perusahaan baru bernama NeXT.

Akibatnya, penjualan komputer kian menurun, telebih lagi pesaingnya, Microsoft, tampil dengan Sistem Operasi Windows. Pada tahun 1997, Apple Computer membeli NeXT dan kemudian mengajak Steve Jobs bergabung kembali dan mengangkatnya sebagai CEO.

4. LG

lg dulunya bernama lucky
ulsenews.co.kr
Raksasa asal negeri ginseng ini berdiri pada awalnya bernama Lak Hui Chemical Insutrial Corp yang dibaca Lucky pada tahun 1947 berfokus pada bisnis plastik. Ketika memperluas bisnis plastik, kemudian Lucky mendirikan GoldStar pada tahun 1958 yang berfokus pada bidang elektronik.

Kemudian pada tahun 1983 kedua perusahaan bergabung menjadi nama Lucky-Goldstar. Namun, Lucky-GoldStar kemudian mengganti nama dengan mempersingkat nama perusahaan menjadi LG pada tahun 1995. LG juga dikenal dengan slogan Life’s Good sejak 2009 setelah sebelumnya berganti-ganti nama slogan.

5. Nintendo

nintendo dulunya bernama marufuku company
nintendosoup.com
Konsol yang menjadi saingan PlayStation dan Xbox ini, awalnya merupakan perusahan yang meproduksi permainan. Didirikan pada tahun 1889, Nintedo berawal dari nama Marufuku Company.

Kemudian pada tahun 1951 mengubah nama menjadi Nintendo Playing Card. Seiring berkembangnya zaman, pada tahun 1963, Nintendo Playing Card mengganti nama menjadi Nintendo dan memulai eksperimen untuk membuat game selain dari kartu. 

Barulah pada tahun 1977 Nintendo memperkenalkan konsol generasi pertama yang bernama Color TV-Game. Selanjutnya, Nintendo tampil dengan konsol-konsol mulai dari game Watch, NES, Game Boy, Super NES, Virtual Boy, Nintendo DS, WII hingga Nintendo Switch.

6. Nike

nike dulunya bernama blue ribbon sports
nike.com
Raksasa apparel perlengkapan olahraga yang berasal dari Amerika Serikat ini, pada awalnya bernama Blue Ribbon Sports yang didirikan pada tahun 1964 oleh Bill Bowerman dan Phill Knight. Keduanya membuka ritel pada tahun 1966 dan menjadi pemasok sepatu Jepang yang bernama Onitsuka Tiger.

Namun pada tahun 1971, Blue Ribbon Sports menghentikan kerja sama dengan Onitsuka Tiger dan mulai memasarkan produknya sendiri. Di tahun itulah Blue Ribbon Sports memproduksi sepatu bola pertama bernama Nike. Pada tahun 1972, secara resmi nama Nike digunakan sebagai merek.

7. Pepsi

pepsi dulunya bernama brad's drink
xtechalpha.com
Perusahaan yang menjadi saingan dari Coca-Cola ini, didirikan pada tahun 1893 oleh seorang apoteker bernama Caleb Bradham yang mencoba bereksperimen untuk membuat minuman ringan bernama Brad's Drink. Kemudian pada tahun 1898, Brad’s Drink berganti nama menjadi Pepsi-Cola menjadikan penantang serius dari Coca-Cola.

Pada tahun 2009, Pepsi-Cola mengganti nama merek dagangnya menjadi Pepsi dan masih dipakai hingga saat ini. Namun sayang, pada bulan Oktober 2019, Pepsi pamit dari Indonesia karena jangka waktu perjanjian kontrak Pepsi dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) telah berakhir.

Itulah 7 perusahaan yang ganti nama dan terbukti sekarang mendulang kesuksesan. Tentu saja penggantian nama dari perusahaan itu memiliki tujuan dan salah satunya supaya lebih mudah dikenali.
Baca juga: Tanpa Pakai Aplikasi, ini 5 Cara Memperkuat Sinyal Handphone

Post a Comment for "Terkenal di Dunia, ini 7 Perusahaan yang Ganti Nama dan Lebih Sukses"

Loading...