Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?

5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?

Gak bisa dipungkiri, kalau bermain game melalui konsol masih populer dan tentu saja masih seru. Seiring berkembangnya teknologi, para pengembang konsol pun melakukan inovasi terbaru untuk membuat penggunanya nyaman dalam bermain game.

Salah satunya adalah Nintendo Switch. Yups, konsol yang satu ini memang menyediakan berbagai lintas game yang seru untuk dimainkan, terlebih lagi dalam kondisi yang mennghabiskan waktu untuk di rumah saja.

Nintendo Switch memang dirancang sebagai konsol yang multifungsi, alias bisa dimainkan baik itu portable maupun disambungkan ke media seperti televisi. Untuk harga Nintendo Switch di pasaran saat ini sekitar Rp 5-6 Juta. Memang agak mahal, tapi itu sepadan dengan apa yang ditawarkan dari Nintendo Switch.

Tapi tetang aja kok, kini ada versi Nintendo Switch “bersahabat” yang disebut dengan Nintendo Switch Lite. Dan tentu saja harganya lebih murah, yaitu sekitar Rp 3 jutaan. Dan untuk mengetahui apa saja perbedaan antara Nintendo Switch dan Switch Lite, berikut 5 Perbedaan Nintendo Switch dan lite!

1. Ukuran Nintendo Switch Lite lebih kecil

5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?
cnet.com

Meski dua-duanya sama-sama bisa digunakan secara portable, Nintendo Switch Lite memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan. Berat Nintendo Switch Lite hanya berkisar 276 gram dengan ukuran layar 5.5 inci. Sedangkan untuk Nintendo Switch beratnya berkisar 400 gram dengan ukuran layar 6.2 inci.

Jadi kalau kamu lebih suka bepergian dan menyukai hal yang lebih praktis, Nintendo Switch Lite menjadi pilihan. Karena ukurannya yang kecil dan ringan.

2. Aksesoris dan Controller

5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?
popularmechanics.com

Sudah bisa dilihat secara fisik, yang menjadi perbedaan paling mencolok adalah aksesoris dan controller. Nintendo Switch memiliki controller yang disebut dengan Joy-Cons di sisi kiri dan kanan yang bisa dilepas pasang. Sedangkan untuk Nintendo Switch Lite, controller sudah tertanam. Dengan controller yang sudah tertanam, menjadikan Nintendo Switch Lite hanya bisa dimainkan sendiri dan gak mendukung memainkan game multiplayer dalam satu layar.

Dibanding dengan Nintendo Switch, Nintendo Switch Lite hanya memiliki aksesoris yang terbatas. Nintendo Switch Lite hanya memiliki aksesoris seperti earphone, pelindung body maupun pelindung layar.  Sedangkan Nintendo Switch memiliki beragam aksesoris seperti beberapa tambahan port USB, hingga aksesoris untuk dock.

3. Mode Permainan

5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?
sonic1029.com

Dengan ukurannya dan beratnya yang mungil,
Nintendo Switch Lite memang menjadi konsol portable pilihan yang pas untuk kamu yang sering bepergian. Namun sayangnya ada kekurangan saat memainkan beberapa game di dalamnya. 

Yups, karena dalam Nintendo Switch Lite gak ada Joy-Cons, maka game yang diharuskan bermain untuk multiplayer gak akan bisa kamu mainkan. Sementara itu, pilihan game dalam Nintendo Swicth Lite hanya tersedia Handled saja. Berbeda dengan Nintendo Switch memiliki tiga mode yaitu Handled, TV Mode dan Tabletop.

4. Battery

5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?
apptrigger.com

Dari kapasitas battery, Nintendo Switch Lite dibekali kapasitas battery sebesar 3570 mAh, sedangkan untuk Switch reguler adalah 4310 mAh. Meski kapasitas ukuran battery yang lebih kecil dibandingkan versi regulernya, kapasitas dengan ukuran tersebut sudah cukup bagi Swicth Lite, mengingat konsumsi layar yang lebih kecil. Apalagi lebih efisien dan menghemat dengan dihilangkannya fitur Joy-Cons.

Switch Lite diklaim dapat bertahan hingga 4 jam ketika dimainkan game terus menerus. Berbeda dengan Switch yang hanya dapat bertahan 3 jam saja.

5. Harga

5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?
nintendolife.com

Memiliki selisih harga mencapai Rp 2 jutaan dan lebih terjangkau dari Nintendo Switch, memang sepadan dengan fitur yang disediakan dalam Nintendo Switch Lite. Nintendo Switch Lite memang diperuntukan bagi kamu yang mempunyai mobilitas tinggi dan sesekali butuh hiburan. Lain halnya jikalau kamu adalah sosok yang ingin mengutamakan user experience dalam sebuah game.

Jadi, sesuaikan pilihan dengan kebutuhan, jika kamu berniat membeli Nintendo Switch atau Switch Lite. Tinggal kamu yang memilih. Ingin yang lebih praktis sekadar mengusir kebosanan atau menginginkan user experience dalam bermain game?


Post a Comment for "5 Perbedaan Nintendo Switch dan Switch Lite. Kamu Pilih Mana?"

Loading...