Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aneka Kue Donat di Berbagai Negara yang Bentuknya Unik

kue donat di berbagai negara
Seperti yang kamu ketahui, kue donat pada umumnya berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Cara membuat kue donat pun sederhana yaitu dengan cara menggoreng dari adonan yang sudah dibuat dan dibentuk sebelumnya. Donat sederhana biasanya ditaburi dengan bubuk gula putih maupun krim dan meses di atasnya.

Saat ini banyak resep kue donat yang menjadikan donat menjadi lebih menarik. Entah itu dipadukan dengan berbagai macam isian,toping hingga bentuk donat yang disulap menjadi cantik dan lucu. Tapi taukah kamu, ternyata di berbagai negara juga memiliki kue donat dan bentuknya gak selalu bulat pipih dengan lubang di tengah?

Berikut 7 aneka kue donat dari berbagai negara.

1. Zeppole

kue donat di berbagai negara
laurainthekitchen.com
Donat khas Italia yang berbentuk mirip sus ini bernama Zeppole. Zeppole merupakan pastry yang berasal dari daerah Sisilia. Cara membuat Zeppole hampir sama dengan donat yaitu digoreng, namun Zeppole gak memakai ragi dalam resepnya.

Zeppole biasanya terdapat berbagai macam isian di dalamnya seperti jelly, custard, cokelat, selai dan keju ricotta. Sementara untuk topping biasanya diberi kisimis atau buah ceri. Kalau dibandingkan, Zeppole memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan donat pada umumnya.

2. Sel Roti

kue donat di berbagai negara
tasteatlas.com
Kalau donat pada umunya memiliki sedikit lubang di tengah, namun jenis donat yang berasal dari Nepal ini memiliki lubang yang besar. Sel Roti adalah roti tradisional yang biasanya dimakan pada saat sarapan dan bentuknya lebih mirip cincin.

Sel Roti memiliki rasa yang renyah karena terbuat dari tepung beras kemudian digoreng dalam bentuk tipis. Di Nepal, Sel Roti biasanya dinikmati pada perayaan khusus seperti acara keagamaan Dashain dan Tihaar.

3. Doubutsu Doonatsu

kue donat di berbagai negara
aminoapps.com
Selanjutnya ada kue donat yang bernama Doubutsu Doonatsu yang berasal dari Jepang. Bentuknya memang seperti donat pada umumnya, namun gak tega kalau memakannya. Yups, karena Doubutsu Doonatsu ini adalah donat yang kawaii alias imut.

Doubutsu Doonatsu bisa dibilang adalah donat yang berkarakter, karena berbentuk binatang lucu. Donat ini pertama kali dibuat oleh Ikumi Nakao, seorang seniman kuliner Jepang yang kemudian menjualnya di toko kue Animal Doughnut of Ikumimama di Kawasaki.

Baca juga: 7 Jajanan Cari Telur ini Rasanya Bikin Nagih. Pernah Coba?

4. Oliebollen

kue donat di berbagai negara
thespruceeats.com
Oliebollen merupakan donat yang berbentuk bola-bola yang berasal dari Negeri Kincir Angin, Belanda. Oliebollen jika diterjemahkan artinya adalah bola minyak, cocok dengan tampilannya.

Isian Oliebollen biasanya teradapat kismis atau potongan apel. Donat ini biasanya dinikmati saat perayaan malam tahun baru dan penyajiannya ditaburi gula bubuk di atasnya.

5. Berliner

kue donat di berbagai negara
germangirlinamerica.com
Berliner adalah donat dari Jerman yang berbentuk bulat pipih yang biasanya diisi cokelat, krim vanilla hingga selai dan ditaburi dengan gula bubuk di atasnya. Di Jerman, nama Berliner berbeda-beda tiap daerahnya. Di berlin dinamakan Pfannkuchen, di Hassen bernama Kreppel dan di Jerman Selatan menamakannya dengan Krapfen.

6. BeaverTail

donat di berbagai negara
matadornetwork.com
Ternyata Kanada menjadi negara dengan kecintaannya dengan donat, lho. Terdapat banyak gerai donat di negara yang terletak di benua Amerika ini. Salah satu donat yang paling terkenal dan ikonik di Kanada adalah BeaverTail.

Bentuk dari BeaverTail ini unik, panjang namun gepeng seperti ekor berang-berang. Nama BeaverTail sendiri jika diterjemahkan artinya adalah ekor berang-berang. Berang-berang sendiri merupakan lambang dan maskot dari Negara Kanada.

7. Youtiao

kue donat di berbagai negara
cookpad.com
Kalau melihat dari bentuknya saja, sudah jelas jauh dari mirip donat. Namun, Youtiao  punya cita rasa yang gurih dan agak manis. Youtiao disebut juga roti atau tongkat berminyak di China. 

Kalau di Indonesia, Youtiao ini adalah Cakwe. Tapi, cara penyajiannya berbeda. Jika Cakwe disantap dengan saus sambal, Youtiao biasanya dinikmati dengan susu dan bubur beras.

Ternyata donat memiliki bentuk yang unik-unik dari berbagai negara, ya? Apakah kamu sudah mencicipi salah satu kue donat di atas?

Baca Juga: 7 Tradisi Minum Teh di Berbagai Negara. Sama Nikmat dan Penuh Makna

Post a Comment for "7 Aneka Kue Donat di Berbagai Negara yang Bentuknya Unik"

Loading...