Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Anggap Enteng, 7 Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

penyebab gigi berlubang dann cara mengatasinya
Pasti kamu gak akan menyepelekan lagi penyebab gigi berlubang jika kamu sudah merasakan sakit. Yups, gigi berlubang memang sering menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini seringkali mengganggu aktivitas bahkan saat tidur pun terasa sakit.
Lantas, apa saja yang menyebabkan gigi berlubang? Berikut 7 penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya.

1. Mengonsumsi makanan dan minuman  manis yang berlebihan

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
theundernews.com
Makanan dan minuman manis memang membuat siapa saja tertarik dan banyak yang menggemarinya. Namun, meski kamu hobi banget makan-makanan manis, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya, deh.

Apabila berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis, maka akan berbahaya untuk kesehatan gigi. Kandungan gula yang terdapat di dalamnya, dapat menurunkan pH plak gigi sehingga inilah yang menjadi penyebab gigi keropos.

2. Mulut Kering

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
diabetes.co.uk
Keadaan mulut kering, memang menjadi tanda-tanda kurangnya asupan cairan atau dehidrasi. Kondisi mulut kering ini juga buruk untuk kesehatan gigi. Karena saat mulut kering, kandungan air liur menjadi berkurang.

Kandungan air liur yang berkurang ini dapat menyebabkan kerusakan gigi. Soalnya, air liur berperan untuk mencegah kerusakan gigi dengan cara membersihkan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi.

3. Gak menjaga kebersihan mulut

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
flinlockdental.com
Pernahkah kamu menemui orang yang bau mulut saat berbicara? Yups, orang tersebut bisa dikatakan gak peduli dengan kebersihan mulutnya. Bau mulut ini menjadi penyebab gigi berlubang, karena terdapat sisa-sisa makanan atau plak yang masih menempel pada gigi.

Padahal, dengan rutin menggosok gigi dapat terhindar dari bau mulut dan kebersihan mulut pun dapat terjaga.

4. Plak yang menimbun

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
freepik.com
Plak yang semakin lama dibiarkan dan menimbun, akan menjadi karang gigi. Perlahan lapisan enamel pada gigi akan mengeras dan menciptakan lubang pada gigi. Cara mencegah agar plak gak menempel pada gigi adalah rajin menyikat gigi dan membersihkan mulut dengan obat kumur.

5. Karies Gigi

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
kingstownedentistry.com
Karies gigi adalah salah satu penyebab gigi berlubang tanpa disadari. Karies gigi merupakan area gigi yang sudah mengalami kerusakan permanen. Biasanya, awal mula karies ini seringkali diabaikan dan gak disadari.

Karies gigi bisa muncul karena akibat noda kekuningan pada gigi, cokelat bahkan sampai menghitam yang menempel di antara gigi dan gusi. 

6. Asupan Flouride yang kurang

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
dobosondental.net.au
Dalam gigi, terkandung mineral yang bernama Flouride. Flouride inilah yang berperan penting untuk mencegah timbulnya gigi berlubang. Untuk mengatasi kurangnya asupan Flouride, diperlukan menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung Flouride dan menggunakan obat kumur.

7. Faktor usia

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
pexels.com
Gak bisa dipungkiri, faktor usia menjadi penyebab menurunnya fungsi pada tubuh termasuk pada gigi. Seiring bertambahnya usia, gusi maupun rahang mulut akan mengalami penurunan penyusutan dan kepadatannya berkurang.

Cara mengatasi gigi berlubang

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
keralamedicalcollage.com
Gigi berlubang, terkadang menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. Maka untuk mengatasinya, redakan dengan cara berikut ini

Asupan Flouride

Kalau kondisi gigi berlubang yang masih kecil atau awal, tindakan memberikan asupan Flouride masih bisa dilakukan. Saat ini Flouride pun dapat ditemui pada pasta gigi.

Tambal gigi

Gigi berlubang dapat ditambal apabila masih tahap awal. Dokter gigi akan membor dan membuang bagian gigi yang rusak, kemudian dokter akan menambal gigi berlubang menggunakan zat seperti resin.

Tapi nih, apabila kerusakan gigi lebih parah, dokter akan membuat mahkota gigi atau crown gigi yang terbuat dari resin, emas, logam, maupun bahan lain.

Perawatan akar gigi

Perawatan akar gigi dibutuhkan kalau pembusukan gigi sudah sampai pada pulpa gigi atau bagian dalam gigi, saraf yang sudah mati. perawatan akar gigi ini dilakukan dengan membuang jaringan saraf, pembuluh darah dan daerah yang telah busuk. Setelah bersih, dokter akan menambal gigi atau membuat crown pada gigi.

Cabut gigi

Dan yang terakhir jika kerusakan gigi berlubang sudah terlalu parah, maka satu-satunya cara adalah mencabut gigi.

Itulah penyebab gigi berlubang dan cara mengatasi gigi berlubang. Untuk mencegahnya, satu-satunya cara adalah menjaga dan merawat kesehatan gigi. Salah satunya adalah dengan rajin menggosok gigi.

Menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi Pepsodent yang mengandung Flouride, secara alami dapat mencegah timbulnya gigi berlubang dan sakit gigi, lho! Gigi pun menjadi lebih sehat dan kuat terlindungi. Dan pastikan juga untuk memeriksakan kondisi gigi ke dokter secara berkala!

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sudah Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Post a Comment for "Jangan Anggap Enteng, 7 Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya"

Loading...