Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Menghitam

 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam

Nyamuk memang menjadi serangga pembawa penyakit. Dan terkadang, bekas gigitan nyamuk meninggalkan luka seperti bentol atau bintik kecil yang gatal dan pada akhirnya pun membekas seperti menghitam.

Mengapa gigitan nyamuk bisa menimbulkan gatal dan serta bengkak?

Pada kulit manusia, nyamuk menusuk jarum dan menghisap darah melalui pori-pori kulit. Selain menghisap darah, nyamuk juga menyuntikkan air liurnya. Nah air liur inilah yang menimbulkan rasa gatal dan peradangan pada kulit.

Dikatakan dalam laman Zme Science, air liur nyamuk mengandung protein dan antikogulan. Zat itu dianggap asing bagi tubuh dan melawannya untuk sistem kekebalan tubuh dengan mlepaskan histamin.

Histamin ini adalah senyawa yang medorong sel darah putih sampai bagian yang terkena gigitan nyamuk. Dan pada akhirnya menimbulkan gejala tersebut.

Lalu untuk cara mengatasi bekas gigitan nyamuk yang menghitam, kamu bisa menggunakan 5 cara berikut ini.

1. Kompres dengan es

menghilangkan bekas gigitan nyamuk
medicalnewstoday.com

Cara yang pertama, kamu bisa menggunakan es. Caranya cukup mudah kok. Hanya menggunakan es saja. Namun usahakan agar es gak lamgsung menempel pada kulit. Caranya, kamu dapat memasukan es pada kantung plastik atau kantung es. Dan pastikan sebelum menempelkan es pada area kulit yang terkena bekas gigitan, lambari dengan kain terlebih dahulu jika kamu menggunakan plastik es.

Kantung es yang kamu tempel pada area kulit dapat meredakan gatal dan tentunya memudarkan bekas yang menghitam akibat gigitan nyamuk.

2. Menggunakan lidah buaya

menghilangkan bekas gigitan nyamuk
insider.com

Tanaman yang daunnya di pinggirnya terdapat duri-duri berwarna hijau ini, memang banyak kegunaan untuk kesehatan an perawatan kulit.

Bekas gigitan nyamuk memang meninggalkan bintik kecil seperti bentol dan lama kelamaan bisa membekas. Kamu bisa mengatasinya dengan cara mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya secukupnya dan biarkan sampai mengering. Cara ini bisa kamu lakukan 3-4 kali sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Oatmeal

menghilangkan bekas gigitan nyamuk
boldsky.com

Lho? Bukannya Oatmeal ini adalah sereal yang dimakan untuk membantu menurunkan berat badan, ya? Tapi nih, kamu bisa mencoba Oatmeal untuk meredakan bekas gigitan nyamuk. Soalnya, dalam kandungan Oatmeal terdapat anti-kiritasi yang efektif mengatasi bengkak pada kulit, seperti yang disebutkan dalam laman Health Line.

Lalu bagaimana cara menggunakan Oatmeal pada area kulit? Caranya, sama saja dengan membuat Oatmeal seperti biasa. Namun takaran Oatmeal dan air harus dalam jumlah yang sama. Setelah menjadi pasta, kemudian ambil pasta Oatmeal secukupnya dengan sendok dan letakan pada kain. Kemudian letakan pada area kulit dan tempelkan selama 10 menit. Setelah selesai, jangan lupa membersihkannya, ya.

4. Daun Basil

menghilangkan bekas gigitan nyamuk
healthifyme.com

Melansir dari laman Herbazest, daun basil ternyata bisa digunakan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk yang menimbulkan rasa gatal. Tapi nih, gak bisa langsung daunnya kamu tempelkan pada area kulit.

Caranya adalah dengan menumbuk daun basil  hingga menjadi pasta halus. Setelah itu, kamu bisa menempelkan daun basil pada area yang terkena bekas gigitan lalu menutupnya dengan perban. Kemudian biarkan selama 20 menit.

5. Menggunakan salep

menghilangkan bekas gigitan nyamuk
lazada.co.id

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam paling simpel dan mudah adalah menggunakan salep. Kamu bisa mengoleskan salep yang dibuat khusus untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk. Salah satunya adalah salep Zambuk.

Yups, salep Zambuk dai Bayer ini sangat ampuh untuk mengatasi area kulit yang bentol, bintik iritasi serta menghitam akibat gigitan nyamuk. Kandungan dalam salep Zambuk mengandung Eucalyptus Oil, Thyme Oil, Colophony dan Camphor. Kandungan tersebur efektif meredakan rasa gatal, iritasi, bengkak dan menghilangkan bekas noda akibat gigitan nyamuk.

Buat kamu yang punya anak, menggunakan salep Zambuk adalah cara tercepat untuk mengatasi gigitan nyamuk. Karena, kulit pada anak itu sensitif dan area bekas gigitan harus segera diobati.

Pastinya selain mengobati, upayakan kamu juga harus mencegah agar terhindar dari gigitan nyamuk. Dengan mengupayakan 3M dan tentunya selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar agar terhindar dari nyamuk. 

Baca juga: Hal-hal yang perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Penyemprotan Disinfektan

Post a Comment for "5 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Menghitam"