Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Karakter MVP Setiap Arc di One Piece Lengkap Hingga Saat ini

Topening onigashima one piece

Setiap arc di One Piece, memang menyajikan alur cerita yang seru untuk dinantikan. Bahkan gak terkecuali ada beberapa orang yang sengaja untuk rewatch atau menontong ulang karena ingin melihat keseruan atau detail yang pernah dilewatkan.

Selama anime One Piece berlangsung sampai saat ini, gak jarang memunculkan karakter populer dan karakter yang terkuat yang mengejutkan para fans. Namun tentunya, setiap arc di One Piece ternyata menunjukan karakter yang tampil sebagai MVP (Most Valuable Player).  Artinya, karakter itu memiliki peran besar.

Berikut arc di One Piece lengkap beserta karakter yang memiliki peran besar pada alur ceritanya.

1. Shanks

arc one piece romance dawn
TOEI Animation
Shanks merupakan alasan Luffy untuk pergi berlayar menjadi bajak laut untuk menemukan One Piece. Yups, pada Romance Dawn Arc ini bercerita tentang asal usul Luffy pergi pergi berlayar.

Saat masa kecilnya di Desa Fosha, East Blue, Luffy diselamatkan Shanks dari bandit gunung, Higuma. Namun, saat menyelamatkan Luffy dari terkaman monster laut, Shanks harus merelakan satu lengannya. Adegan ikonik ini meruoakan scene yang paling diingat. Di mana Shanks kemudian memberikan Topi Jerami pada Luffy.

2. Nami

nami di orange town
TOEI Animation

Di Kota Orange ini, nami menjadi karakter MVP karena kecerdikannya dalam memperdaya kelompok bajak laut Buggy, bahkan mendapatkan peta harta karun milik kelompok bajak laut Buggy. Nami juga dibantu oleh Luffy dan Zoro mengusir Buggy dari kota orange. Di Kota Orange inilah Luffy mendapatkan navigatornya, yaitu Nami. Meski belum secara resmi, sih.

3. Usopp

desa syrup arc
TOEI Animation

Pada Arc Syrup Village ini, anggota bajak laut Topi Jerami bertambah, yaitu Usopp, seorang pembohong handal. Namun, kebohongan itu berhasil diwujudkannya di masa mendatang. Peran Usopp di Arc ini cukup besar. Karena Usopp berhasil membongkar identitas pelayan yang sebenarnya adalah bajak laut bernama Kuro.

Kuro ini bermaksud untuk membunuh dan merebut mansion di kediaman Kaya. Dibantu dengan Luffy, Zoro dan Nami, Kuro beserta rekannya, Jango dapat dikalahkan.

Sebagai hadiah dan bentuk kekaguman, Kaya memberikan kapal karavel yang bernama Going Merry Go. Going Merry merupakan kapal yang di desain oleh Merry, pelayan setua dari Kaya. Going Merry menjadi kapal bajak laut pertama yang dimiliki Topi Jerami Cs.

4. Sanji

baratie arc one piece
TOEI Animation

Pencarian kru bajak laut Topi Jerami berlanjut ke restoran terapung, Baratie. Restoran terapung ini adalah milik mantan bajak laut veteran Zeff si kaki merah dengan Sanji sebagai Asisten kepala koki. Di arc ini, muncul Shicibukai bernama Dracule Mihawk dan bajak laut Don Krieg.

Namun yang membuat epic bukan Mihawk dan Don Krieg. Scene di mana perpisahan Sanji kepada rekan-rekan Baratie adalah momen terepic yang gak terlupakan.

5. Monkey D Luffy

arc arlong park
TOEI Animation

Nami memang sudah dianggap navigator oleh Luffy sejak di Kota Orange. Namun akar masalah Nami berasal dari Arc Arlong Park ini. Nami ternyata berjuang untuk menyelamatkan desa seorang diri dari kekejaman bajak laut Arlong.

Mengetahui dirinya merasa dikhianati dan diperdaya oleh Arlong, Nami yang putus asa meminta bantuan Luffy. Yups, pada akhirnya Luffy berhasil menghajar Arlong!

6. Monkey D Dragon

kemunculan pertama kali monkey d dragon
TOEI Animation

Sebelum menuju Grandline, kapal dari East Blue akan singgah di Loguetown. Loguetown disebut dengan kota awal dan akhir, karena di sinilah tempat Gol D  Roger berasal dan berakhir di eksekusi. Di tempat ini, bajak laut Topi Jerami juga harus kabur dari kejaran kapten angkatan laut Smoker.

Dan yang mengejutkan, hampir saja Luffy dieksekusi oleh Buggy. Namun, sambaran petir menyelamatkan Luffy. Luffy juga beruntung untuk yang kedua kalinya saat terpojok oleh Smoker. Dirinya diselamatkan oleh sosok misterius yang gak lain adalah ayahnya sendiri, Monkey D Dragon! Monkey D Dragon adalah pemimpin Pasukan Revolusi yang paling dicari oleh Pemerintah Dunia.

7. Zoro

whiskey peak arc
TOEI Animation

Kalau gak ada Zoro, entah apa jadinya nasib Luffy dan kawan-kawannya. Soalnya, dibalik sambutan yang baik saat tiba di Whiskey Peak, ternyata ada maksud terselubung. Yups, para penduduk Whiskey Peak adalah pemburu hadiah dan berafiliasi dengan Baroque Works.

Baca juga: 5 Pedang Zoro di One Piece yang Pernah Dipakai dan Dimiliki Hingga Saat ini

8. Dorry dan Brogy

kapten bajak laut elbaf
TOEI Animation

Tiba di Little Garden, bajak laut Topi Jerami melihat dua raksasa yang saling bertarung satu sama lain yaitu Dorry dan Brogy. Di sini juga terdapat agen Baroque Works yaitu Mr.3 dan Miss Golden Week. Namun keduanya berhasil dikalahkan oleh Luffy, Nami, Vivi, Zoro meski susah payah.

Kedua raksasa yang bertarung merupakan mantan kapten bajak laut Elbaf. Keduanya sudah bertarung lebih dari seratus tahun! Meletusnya gunung di pulau itu, menjadi tanda dimulainya pertempuran. Sempat menyudahi duel sementara untuk membantu keberangkatan bajak laut Topi Jerami, dua tahun masa time skip terlihat Dory dan Brogy masih terus berduel!

9. Dr. Hiluluk

arc drum kingdom kerajaan sakura
TOEI Animation

Di pulau bersalju atu Drum Kingdom Kerajaan Sakura, di sini bajak laut Topi Jerami mendapatkan kru baru yaitu Chopper. Namun yang menjadi MVP bukan dari bajak laut Topi Jerami. Dia adalah Dr. Hiluluk, karakter yang menjadi sosok inspiratif bagi Chopper.

Chopper merupakan rusa kutub yang bisa berbicara berkat memakan buah iblis Hito Hito no Mi. Namun, dirinya malah dianggap berbeda oleh kawanannya dan bahkan manusia menyebutnya monster. Hanya Dr. Hiluluk saja yang menerima dan menganggapnya sebagai anak.

Bergabung di bajak laut Topi Jerami, Chopper ingin mewujudkan mimpinya sebagai dokter terbaik dan menyembuhkan berbagai penyakit.

10. Monkey D Luffy

arc alabasta one piece
TOEI Animation

Di Alabasta Arc ini merupakan alur cerita yang cukup panjang dan dramatis. Karena di sini, kamu akan melihat bagaimana unsur politis. Yups, Crocodile yang menjadi dalang dari kekacauan di Alabasta, merupakan Shichibukai sekaligus pemimpin organisasi Baroque Works.

Namun niat Crocodile terhenti oleh Luffy. Meski Luffy sempat kalah pada pertemuan pertama, Luffy berhasil menjatuhkan Crocodile. Berkat hal ini, buronan Luffy naik jadi 100  juta berry! Di arc Alabasta ini Robin ikut serta menjadi anggota baru.

11. Monkey D Luffy

pulau langit skypiea
TOEI Animation

Sempat singgah dan bertanya tentang Skypiea di Pulau Jaya, bajak laut Topi Jerami menuju Pulau Langit memanfaatkan Thunder Strom! Di Skypiea inilah Luffy ingin membuktikan tentang cerita Noland yang terkenal.

Namun gak mudah, karena di Skypiea diduduki oleh God Enel yang mengaku sebagai dewa. Bahkan seluruh anggota kru, harus kalah berhadapan dengan Enel.

Luffy memang menjadi musuh alami bagi kekuatan petir Enel, namun modifikasi kekuatan petir menjadi panas, membuat Luffy kewalahan. Tapi pada akhirnya, Luffy berhasil mengehempaskan Enel memanfaatkan bola emas besar menjadi serangan ke Enel. Serangan Luffy membuat Enel terhempas dan membunyikan lonceng emas. Suara lonceng emas ini terdengar sampai di Pulau Jaya, bawah Skypiea.

12. Nico Robin

arc water seven
TOEI Animation

Di Water Seven, memang berat bagi Usopp karena dirinya mundur dari kru karena gak bisa menerima Going Merry yang harus pensiun. Tapi, karakter MVP di Water Seven bukan Usopp, melainkan adalah Robin. Robin tau kalau dirinya diincar oleh Pemerintah Dunia. Maka dari itu, dia seolah mengorbankan diri dan gak meminta untuk diselamatkan. Hal ini dimaksudkan agar para kru bajak laut Topi Jerami gak terlibat dengan Pemerintah Dunia!

13. Sogeking

arc enies lobby
TOEI Animation

Bukan kelompok bajak laut Topi Jerami namanya kalau gak terlibat kekacauan apa pun. Momen terepic adalah saat Sogeking membakar bendera Pemerintah Dunia. Artinya mengisyaratkan perang. Momen menengangkan ini berhasil dilewati dengan mengalahkan CP9 dan berhasil kabur dari Enies Lobby dengan bantuan dari Going Merry. Namun, setelah berhasil kabur dari Enies Lobby dan berhasil selamat, itu adalah hari terakhir Going Merry berlayar.

14.  Roronoa Zoro

zoro thriller bark
TOEI Animation

Di Arc Thriller Bark, lagi-lagi para kru Topi Jerami harus berhadapan dengan Shichibukai, yaitu Gecko Moria. Kemampuan Gecko Moria cukup membuat kewalahan, karena dapat memanipulasi bayangan. Bahkan mengambil bayangan orang lain dan menjadikannya pasukan zombie.

Di sinilah para kru bajak laut Topi Jerami berusaha untuk mengalahkan Moria untuk merebut kembali semua bayangan.

Berkat kombinasi yang apik, Moria berhasil dikalahkan. Namun, masalah muncul setelahnya saat Bartholemow Kuma datang menangkap Luffy yang sudah kehabisan tenaga. Zoro dan Sanji yang masih bertahan, menawarkan diri untuk bertukar. Namun, Sanji jatuh dijatukan Zoro, sehingga menyisakan Zoro.

Kuma yang melihat pemandangan ini, kemudian mengeluarkan rasa sakit Luffy selama pertarungan dan dia menyuruh Zoro untuk menggantikannya! Di luar dugaan, Zoro berhasil bertahan meski dengan darah bercucuran. Oh iya, di sini Brook bergabung sebagai anggota baru.

Baca juga: 7 karakter Terkuat di One Piece Tanpa Menggunakan Buah Iblis

15. Bartholomew Kuma

arc sabaody
TOEI Animation

Pulau Sabaody, merupakan salah satu tempat kelam bagi kru bajak laut Topi Jerami. Karena, semua kru terpisahkan ke tempat yang berbeda-beda akibat ulah dari Bartholemow Kuma.

Namun sebenarnya niat memisahkan para kru adalah untuk menyelamatkan para kru Topi Jerami. Karena Bartholomew Kuma saat itu masih ada hubungannnya dengan Pasukan Revolusi.

16 . Bonclay

bonclay masih hidup
TOEI Animation

Luffy yang mendengar eksekusi Ace, segera pergi ke Impeldown meminta bantuan Boa Hancock. Selebihnya, di sana petualangan Luffy dibantu oleh narapidana lain seperti Ivankov, Crododile, Jinbe, Buggy, Mr. 3 dan Bonclay. Yang berperan besar membantu Luffy Cs kabur dari Impeldown adalah Bonclay.

Bonclay menyamar menjadi Magellan dan demi membuka gerbang keadilan supaya Luffy Cs bisa kabur.

17. Crododile

arc marineford
TOEI Animation

Shanks mungkin cukup berperan untuk menghentikan perang di Marineford. Namun, ada satu karakter yang turut berperan besar mengubah situasi peperangan, yaitu Crocodile.

Pada awalnya memang Crocodile fokus pada Shirohige untuk dendam lamanya. Namun kemudian dirinya berbalik dan muak dengan angkatan laut. Terbukti dirinya menyelamatkan Ace dari eksekusi angakatan laut. Dirinya juga membantu dan menyelamatkan Luffy yang terluka parah untuk keluar dari Marineford. Marineford ini menjadi salah satu arc One Piece terbaik.

18. Silver Rayleigh

sabaody after time skip
TOEI Animation

Setelah peristiwa Marineford dan dua tahun setelah time skip, para kru Topi Jerami berkumpul kembali di Sabaody. Yups, nampak para anggota Topi Jerami terlihat lebih kuat. Demi melancarkan perjalanan baru bagi muridnya, Rayleigh menghadang angkatan laut.

19. Jinbe

arc pulau manusia ikan
TOEI Animation

Tiba di Pulau Manusia Ikan, bukan waktu yang tepat bagi kru Topi Jerami. Karena akan terjadi pemberontakan. Belum lagi, stigma negatif tentang manusia di Pulau tersebut. Untuk itu saat puncak melawan Hody, Jinbe mengatur siasat untuk melawan Hody agar kru Topi Jerami tampil sebagai pahlawan.  Jinbe juga  mendonorkan darahnya pada Luffy, saat Luffy kehilangan banyak darah sehabis bertarung.

20. Trafalgar D Water Law

punk hazard arc
TOEI Animation

Di Punk Hazard, ada sosok mengejutkan yaitu Shichibukai Trafalgar Law. Law menjadi Shichibukai pun cuma ingin memuluskan rencananya saja. Law mengutarakan membuat aliansi untuk menjatuhkan Yonko Kaido dengan memperlemah persenjataannya. Target utamanya adalah Caesar dan pabrik smile di Dressrossa nantinya, untuk mengadu domba Doflamingo dengan Kaido.

21. God Usopp

dressrosa arc
TOEI Animation

Kemudian, alur cerita One Piece berlanjut ke Dressrosa. Dressrosa meruapakan salah satu arc terpanjang di One Piece. Usopp di sini memiliki peran cukup besar dan dirinya memiliki banyak pengikut! Yups, God Usopp berhasil mengubah asa orang-orang yang sebelumnya berubah menjadi mainan kembali menjadi manusia kembali. Di sini jugalah Usopp membangkitkan Haki Kenbun-nya.

22. Vinsmoke Sanji

arc zou
TOEI Animation

Sebagian kru Topi Jerami telah pergi ke Zou lebih dulu adalah Nami, Chopper, Brook dan Sanji besert tawanan Caesar. Namun di Zou, Sanji mendapatkan masalah pelik dalam hidupnya. Dirinya harus rela pergi dan bergabung ke masa lalunya kembali sebagai seorang Vinsmoke.

Pada suratnya, dirinya mengatakan akan menyelesaikan masalahnya sendiri dan tentu saja gak ingin melibatkan kru.

23. Brook

brook vs big mom
TOEI Animation

Meski telah mendapatkan pesan dari Sanji, tetap saja Luffy, Nami, Brook, Chopper, dibantu Pedro dan Carrot serta Jinbei ke Whole Cake. Penuh perjuangan untuk membawa Sanji kembali, bahkan harus Pedro pun mengorbankan diri. Luffy juga harua bertarung susah payah dengan Katakuri. Belum lagi usaha untuk kabur dan meredakan amarah Big Mom yang lapar.

Namun karakter yang cukup menarik perhatian adalah Brook. Yups, Brook dengan kemampuan barunya, Soul King, menjadi musuh alami Big Mom. Brook juga berhasil mendapatkan salinan road poneglyph!

24. Zoro dan Sanji

arc wano onigashima
TOEI Animation

Di arc Wano, Zoro dan Sanji upgrade kekuatan, menjadi salah satu karakter terkuat di Wano. Pada perang di Onigashima, Sanji telah berhasil mengalahkan Queen. Tiba-tiba Sanji merasa daya tahan tubuhnya kuat, dapat dengan cepat menyembuhkan luka seperti Vinsmoke pada umumnya dan serangannya pun bertambah kuat. 

Begitu juga dengan Zoro yang bertarung denga King. Sebelumnya, Zoro yang ikut bertarung lawan Kaido baru menyadari kalau dia punya Haoshoku Haki! Puncak pertarungan Zoro dengan King, terdapat Pada Chapter 1035. Zoro melancarkan serangan barunya yang berhasil mengendalikan pedang enma. Dan dipastikan akan membuat kekalahan pada King, karena sebelumnya King sudah mencapai batasnya dan Zoro juga telah mengetahui kelemahan King.

Begitu juga dengan pertarungan Luffy dan Kaido. Kaido pun telah mengakui kekuatan Luffy dan membuat pertarungan seru dan semakin menarik! Dan jangan lupakan pertarungan antara Trafalgar Law dan Kid melawan Big Mom!

Yups, jalan cerita One Piece selama masih berlanjut pastinya selalu menarik dan ditunggu. Setiap Arc di One Piece, episode bahkan tiap chapter, seakan gak pernah berhenti ada kejutan yang gak terduga!

Baca juga: Kisah Anggota Bajak Laut Topi Jerami Sebelum dan Sesudah Bergabung