Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hewan Endemik yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia

orangutan dari borneo

Hewan endemik di Indonesia adalah hewan asli yang hanya ditemukan di Indonesia. Artinya, jenis hewan endemik ini berasal dari habitat asli lalu kemudian berkembang biak dan menjadi populasi satwa pada daerah tertentu.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai keanekaragaman satwa yang berasal dari berbagai pulau. Berikut lima fauna endemik di Indonesia yang merupakan ciri khas dari habitatnya masing-masing.

1. Komodo

hewan endemik di indonesia
komodoshuttle.com

Karakterisrik dari Komodo adalah selalu menjulurkan lidah bercabangnya yang digunakan untuk mendeteksi mangsa. Komodo ini dapat hidup 30 sampai 50 tahun dengan bobot berat 70-90 kg. Komodo merupakan salah satu kadal raksasa yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Rinca,  Pulau Komodo,  Pulau Flores, Pulau Gili Motang dan Pulau Gili Dasami.

Meski sampai sekarang masih terus dilestarikan dan jumlahnya terus bertambah, namun dikhawatirkan perluasan wisata, pemukiman hingga perburuan, dapat mempengaruhi populasinya akibat habitatnya yang semakin berkurang.

2. Burung Maleo

hewan endemik di indonesia
goodnewsfromindonesia

Maleo senkawor atau burung maleo adalah satwa endemik Sulawesi Tengah. Status dari burung maleo saat ini terancam punah dan diperkirakan populasinya kurang dari sepuluh ribu ekor saja.

Burung maleo memiliki ciri-ciri bulu yang berwarna hitam, namun bulu sisi berwarna pink keputihan, serta kaki berwarna abu-abu dan bagian bulu matanya berwarna kuning. Ciri khas dari burung maelo ini adalah memiliki jambul berwarna hitam yang keras.

Cukup sulit untuk menemukan burung maleo. Karena burung maleo ini berhabitat di hutan tropis dan bersarang di sekitar pantai berpasir gunung berapi untuk menetaskan telur-telurnya. Telur burung maleo ini 5 kali lebih besar dari telur ayam.

3. Burung Cendrawasih

hewan endemik di indonesia
planterandforester.com

Burung cendrawasih ini merupakan fauna endemik Indonesia yang berasal dari timur Indonesia, tepatnya di Papua. Menurut laman WWF Indonesia, Terdapat 30 spesies yang diketahui di Indonesia yang semuanya berstatus dilindungi, 28 spesies di antaranya terdapat di Papua.

Seperti yang sudah kamu ketahui, cendrawasih ini memiliki ciri khas warna bulunya yang indah dan memanjang pada bagian ekornya. Burung cendrawasih menjadi satwa yang dilindungi karena menjadi target perburuan liar karena keindahan bulunya.

4. Orangutan

hewan endemik di indonesia
orangutan.or.id

Orangutan adalah fauna endemik yang terdapat di Kalimantan dan Sumatra. Baik di Borneo maupun di Sumatra, orangutan memiliki ciri khas pada habitanya. Di Sumatra, orangutan memiliki ciri khas bulu yang kemerahan. Sementara di Kalimantan memiliki bentuk wajah yang agak besar dan bagian pipi pelipis berjumbai.

Karakteristik dari orangutan adalah satwa yang pemalu. Mereka jarang memperlihatkan diri pada manusia dan makhluk lain yang belum dikenal.

Hutan yang semakin berkurang, membuat orangutan kehilangan habitat aslinya dan membuat populasi orangutan terancam punah. Sebab marak fungsi alih hutan yang diubah menjadi lahan kelapa sawit dan pertambangan oleh pihak yang gak bertanggung jawab!

5. Kekah Natuna

hewan endemik di indonesia
twitter.com/disparbudnatuna

Kekah Natuna adalah salah satu satwa endemik paling langka di Indonesia yang hanya berad di Natuna, Pulau Bunguran Besar, Kepulauan Riau. Yang menyebabkan diambang kepunahan karena perburuan oleh manusia sendiri. Sebab hewan primata lucu ini memiliki corak bulu yang indah dan menggemaskan, sehingga banyak yang ingin memeliharanya demi kepuasan teesendiri. Selain itu, hilangnya habitat akibat konservasi lahan membuat Kekah Natuna jumlahnya semakin berkurang.

Mengutip dari laman Kumparan, salah seorang warga Natuna mengatakan sangat jarang melihat kekah saat ini. Dikarenakan sifatnya yang pemalu dan jarang menampakan diri. Terkadang bisa melihat sekilas, hanya keberuntungan saja.

Cara pelestarian hewan endemik

hewan endemik di indonesia
theorangutanproject.org

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa hewan endemik gak jarang keberlangsungan hidupnya terancam punah. Bagi kamu yang ingin ikut serta dalam melestarikan hewan langka, berikut cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan.

  • Merawat dan menjaga lingkungan sekitar

Kita gak pernah tau kalau di lingkungan sekitar terdapat berbagai makhluk hidup. Mungkin saja dekat lingkungan kamu tinggal terdapat satwa langka, namun sayangnya gak menampakan diri. Untuk itu, kamu cukup merawat dan menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan sekitar.

  • Edukasi dan sosialiasi

Pentingnya perbanyak literasi dan menyebarkannya melalui edukasi dan sosialiasi adalah salah satu hal sederhana tapi berdampak besar. Apalagi bagi kamu seorang pecinta hewan dan lingkungan hidup.

  • Laporkan jika ada transaksi mencurigakan

Terkait dalam hal transaksi jual beli hewan langka, penyiksaan atau penyelundupan, kamu bisa melaporkannya ke petugas terkait yang berwenang. Misalnya bisa lapor melalui LSM agar bisa diproses dan diteruskan dengan cepat ke petugas terkait.

Bagaimana pun semua hewan gak terkecuali hewan endemik di Indonesia bahkan satwa langka pun harus diletstarikan. Tentunya demi keberlangsungan hidup satwa dan kelak menjadi warisan turun menurun anak cucu supaya masih bisa melihat hewan tersebut.

Baca juga: 7 Burung Tercepat di Dunia, Jagoan Manuver di Udara

Post a Comment for "5 Hewan Endemik yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia"