Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fakta Jaring Laba-laba. Ternyata Lebih Kuat dari Baja!

jaring laba laba lebih kuat dari baja

Jaring laba-laba merupakan ciri khas yang gak terpisahkan dari laba-laba itu sendiri. Berkat kemampuan mengeluarkan jaringnya, laba-laba dapat membuat sarang dan bertahan hidup.

Jenis laba-laba

Sebagian besar spesies dari laba-laba gak membahayakan manusia. Di seluruh dunia, terdapat sekitar 35.000 spesies laba-laba. Nah, berdasarkan tempatnya, terdiri lima jenks laba-laba berikut ini:

  • Laba-laba rumah

Laba-laba rumahan ini sering banget ditemui dan biasanya membangun sarang di gudang rumah maupun dinding, menghasilkan sarang laba-laba berupa lembaran. Besar dari laba-laba rumahan hanya berkisar 9,5 mm saja.

  • Laba-laba penunun

Sama halnya dengan laba-laba rumahan, besarnya berkisar 9,5 saja. Laba-laba penenun memiliki tubuh warna kuning kecoklatan. Biasanya ditemukan sekitar tanaman, pohon maupun hutan.

  • Laba-laba serigala

Laba-laba serigala memiliki warna tubuh cokelat dan kelabu dan berambut serta besar tubuhnya sekitar 8mm. Laba-laba serigala adalah serangga yang aktif pada malam hari untuk berburu. Laba-laba serigala hidup pada liang yang dalam dan berlumut untuk melindungi diri.

  • Laba-laba kantung kuning

Ciri khas dari laba-laba kantung kuning adalah berwarna pucat kuning krem dengan besar tubuh 9,5mm. Biasanya, laba-laba kantung kuning membangun sarang (bukan jaring) pada area yang tertutup atau terlindungi.

  • Tarantula

Tarantula merupakan jenis laba-laba bertubuh besar. Besarnya mencapai 13cm dan belum termasuk kaki-kakinya. Sebagian besar dari tarantula berkaki rambut hitam atau pun cokelat. Tarantula dapat bertahan hidup 25 hingga 40 tahun. Mereka biasanya lebih suka hidup di tanah agar memudahkan untuk menggali liang. Meski begitu, tarantula juga mencari makan di pepohonan.

Jaring laba-laba

jaring laba laba
publicopinion.news

Laba-laba bisa mengeluarkan jaring benang sutra dari dalam tubuhnya sendiri. Benang jaring itu pada awalnya berbentuk cair yang dikeluarkan dari kelenjar pada ekor laba-laba. Kemudian laba-laba menarik benang sutra yang berbentuk seperti pasta gigi itu memakai kaki.

Saat menarik benang sutra inilah jaring menjadi kaku dan keras karena pengaruh dari temperatur dari udara sekitar. 

Pada umumnya, kamu melihat sekilas jaring laba-laba ini berwarna putih dan serta berserat tipis dan agak lengket serta rapuh. Namun ternyata ada beberapa hal yang menarik tentang jaring laba-laba, lho.

Berikut lima fakta menarik seputar jaring laba-laba.

1. Karakteristik jaring laba-laba

jaring laba laba
news.mit.edu

Memang kalau dilihat sekilas dan kasat mata, bentuk dari jaring laba-laba ini terlihat tipis dan berwarna putih. Namun ternyata, setiap laba-laba itu sendiri bisa mengeluarkan jaring dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Para laba-laba jika mereka mau, bisa mengeluarkan jaring halus dan tipis, jaring tebal, jaring yang lengket dan jaring yang gak lengket. Bahkan ada salah satu spesies laba-laba yang bisa membuat jaring berwarna emas. Namanya adalah laba-laba Nephilia pilipes.

Nephilia pelipes adalah salah satu spesies laba-laba besar dan dikenal sebagai penenun bola emas di Indonesia. Jaring laba-laba berwarna emas milik Nephilia pilipes ini bahkan dikatakan bisa bertahan lama hingga satu tahun!

2. Fungsi jaring laba-laba

jaring laba laba
wallpaperflare.com

Seperti yang sudah kamu ketahui. Pada umumnya, laba-laba membuat jaring sebagai sarang dan untuk menangkap mangsanya. Selain itu, fungsi dari jaring laba-laba adalah memudahkan laba-laba untuk bergerak bebas dan cepat serta sebagai komunikasi antar laba-laba lainnya.

Laba-laba jantan membuat jaring untuk menandai wilayah kekuasannnya. Sedangkan pada laba-laba betina, mereka menggunakan jaring untuk mengirimkan kode kalau sudah siap untuk kawin. Selain itu, jaring laba-laba juga dipergunakan untuk melindungi telur. Telur laba-laba ini akan terbungkus seperti kepompong.

3. Jaring laba-laba gak pernah menjebak laba-laba itu sendiri

jaring laba laba
arstechnica.com

Pernah gak sih kamu berpikir, kenapa laba-laba bisa bergerak dengan bebas di atas jaringnya? Sementara serangga yang menjadi mangsanya bisa terjebak dengan mudahnya karena jaring yang lengket?

Rahasianya adalah karena kaki laba-laba gak bersentuhan dengan jaringnya sendiri. Laba-laba bergerak cepat di jaringnya sendiri dan yang menempel hanya ujung rambut pada kakinya saja. Selain itu, laba-laba juga rajin bersih-bersih pada bagian tubuhnya khususnya kaki untuk membersihkan sisa-sisa jaring yang menempel.

Dan juga, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laba-laba bisa membuat empat jenis jaringnya sendiri. Jadi untuk menangkap mangsa, laba-laba menggunakan jaring yang lengket.

4. Jaring laba-laba menjadi persediaan makanan

jaring laba laba
discoverwildlife.com

Ada hal yang menarik lain tentang fungsi dari jaring laba-laba ini. Ternyata, laba-laba ini bisa memakan jaringnya sendiri sebegai sumber persediaan makanan. Memang jaring laba-laba terbuat dari apa, kenapa laba-laba bisa memakannya?

Jaring laba-laba terbuat dari protein dan kemudian menjadi kaku serta padat dalam bentuk jaring karena suhu udara. Karena terbuat dari protein, laba-laba dapat memakan jaringnya sendiri dan bisa dipergunakan sebagai makanan cadangan.

5. Jaring laba-laba lebih kuat dari baja

jaring laba laba
thoughtco.com

Kamu pernah nonton salah satu film Spiderman, kan? Dalam adegan film Spiderman 2, jaring laba-laba Spiderman bisa menahan laju kereta api. Mungkin adegan ini hanya ada di film saja. Namun ternyata, jaring laba-laba itu benar-benar kuat dan gak rapuh seperti yang kamu kira.

Dalam laman Science.org, disebutkan para peneliti melakukan analisis kekuatan pada jaring laba-laba tanah saat membuat sarang dan menahan telurnya menggunakan mikroskop atom. Setiap helai jaring, lebih tipis 1000 kali dari rambut manusia.

Namun ternyata setiap helai terdiri dari ribuan nanostrand yang berdiameter 20 juta milimeter. Layaknya kabel kecil yang dililit dan seluruh seratnya diuntai dari nano paraler setidaknya dengan panjang 1 mikron. Kekuatan jaring laba-laba, seratnya itu dikatakan dapat meregang 50 kali bahkan disebutkan bisa lebih dari itu.

Namun, sampai saat ini manusia belum bisa meniru mirip seperti jaring laba-laba. Karena karakteristik dan molekuk susunan yang rumit dari jaring laba-laba itu sendiri.

Wah, ternyata fakta jaring laba-laba gak selemah apa yang terlihat dan mudah rapuh. Bahkan yang menarik jaringnya memiliki karakteristik dan berbagai fungsi untuk si laba-laba itu sendiri.

Baca juga: 7 Fakta Tentang Kaktus. Gak Semua Berduri dan Ada yang Bisa Dimakan!

Post a Comment for "5 Fakta Jaring Laba-laba. Ternyata Lebih Kuat dari Baja!"