Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan yang Mengganggu Aktivitas

mengatasi cemas berlebihan

Rasa khawatir maupun cemas, pastinya setiap orang pernah merasakannya. Namun mengatasi cemas berlebihan, itu perlu dilakukan. Supaya gak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Memang kecemasan datang di saat yang gak tepat. Biasanya, rasa cemas akan hilang dengan sendirinya cepat atau lambat. Namun nyatanya, kalau sudah menganggu aktivitas dan datang berkali-kali, gak boleh dibiarkan begitu saja dan kamu harus bisa mengelola serta menghilangkan cemas berlebihan.

Apa penyebab cemas berlebihan?

cara mengatasi cemas berlebihan
napratica.org.br

Penyebab cemas berlebihan yang timbul, umumnya dipengaruhi faktor berikut:

  • Kecemasan umum

Faktor kecemasan yang satu ini adalah kecemasan yang paling umum dipengaruhi karena gak seimbangnya pola hidup. Saat cemas datang akan bergejala seperti kurang tidur atau insomnia saat malam hari, kurang fokus, cepat lelah dan keringat dingin.

  • Panik

Dalam situasi yang kacau yang gak terkendali, segala hal bisa muncul dalam pikiran seseorang, termasuk rasa panik. Orang yang cemas karena panik ini biasanya gak mudah tenang dan pikirannya buyar. Selain itu, gejala cemas karena panik juga menimbulkan pusing, mual, dada berdebar, bahkan tubuh lunglai seperti mau pingsan.

  • Kecemasan sosial

Jenis kecemasan yang satu ini disebut dengan social anxiety disorder. Yaitu kerap menghindari interaksi sosial pada orang banyak. Yang menjadi alasannya adalah karena gak biasa dan malu di depan orang banyak serta gak mau dipermalukan karena takut salah bicara.

  • Pernah trauma

Gangguan kecemasan yang satu ini dialami oleh orang yang pernah menderita trauma seperti stress atau kecelakaan, bencana alam, hingga perbuatan kurang menyenangkan. Hal tersebut, berdampak pada kondisi psikologis dan bisa kapan pun mengulangi kecemasan yang berlebihan. Kecemasan yang satu ini jika sudah berdamoak buruk, hanya bisa diatasi dengan psikoterapi dan pemberian obat-obatan bila diperlukan.

  • Obsessive-Compulsive Disorder (OCD)

Obsessive-compulsive disorder (OCD) adalah rasa cemas akibat adanya ketakutan atau kekhwatiran yang muncul. Misalnya kamu pernah gak, membuka dan menutup pintu berkali-kali untuk mengecek apakah pintu sudah benar-benar dikunci?

Untuk mengatasi cemas berlebihan supaya gak mengganggu aktivitas, coba ikuti tujuh cara sederhana di bawah ini.

1. Tetap fokus

cara mengatasi cemas berlebihan
health.sunnybrook.ca

Rasa cemas yang berlebihan terkadang sering muncul kalau sedang memikirikan sesuatu dan tiba-tiba saja kehilangan fokus. Dan sialnya, kamu yang sedang berpikir disaat mengerjakan sesuatu bisa kehilangan fokus.

Jangan biarkan diri kamu kehilangan fokus. Kamu bisa mensiasati fokus kamu dan mengarahkannya pada hal yang menyenangkan terlebih dahulu. Perlahan, pikiran kamu dapat tenang dan kecemasan perlahan mulai menghilang.

2. Biarkan hal yang kecil mengalir

cara mengatasi cemas berlebihan
toolversed.com

Ada kalanya kamu memang perlu memperhatikan hal-hal kecil yang ada di isi kepala. Namun sebaiknnya biarkan saja hal itu mengalir dengan sendirinya,  agar nantinya gak timbul kekhawatiran yang akan menimbulkan rasa cemas yang berlebih. Biarkan diri kamu rileks dan tenang supaya bisa selaku berpikir positif.

Berpikir positif ini dapat menepis segala efek negatif yang ditimbulkan oleh pikiran yang sedang kacau.

3. Mengobrol santai dengan teman

cara mengatasi cemas berlebihan
classpass.com

Mengobrol santai dengan teman akan membuat kamu lebih rileks. Pastikan arah obrolan yang akan diperbincangkan itu ringan dan yang santai. Alih-alih,  kamu juga bisa lepas dan terbawa suasana. Dan bahkan kalau diperlukan tertawa pada saat teman kamu membuat obrolan yang lucu. Entah itu tentang kenangan masa lalu atau sedang membicarakan suatu hal.

Berinteraksi sosial dengan sesama teman, tentunya gak hanya menghilangkan kecemasan. Namun membuat pikiran kamu lebih plong dan jauh dari stress.

4. Kurangi konsumsi kafein

cara mengatasi cemas berlebihan
medicalnewstoday.com

Dalam laman Health Line, disebutkan bahwa kopi ada hubungannya dengan gangguan kecemasan. Kenapa bisa begitu? Dalam salah satu studi penelitian, dikatakan bahwa kafein pada kopi dapat meningkatan zat kimia pada otak yang akibatnya, membuat kamu cepat lelah. Dan pada waktu yang sama, terjadi pelepasan adrenalin yang butuh energi yang tinggi.

Kamu pastinya pernah merasakannya, kan? Kalau terlalu banyak konsumsi kafein di bagian kepala terasa agak ‘teng-teng-teng’  agak pusing mual dan dada sedikit berdebar-debar? Untuk itu, penuhi asupan kopi harian kamu secukupnya saja. Gak perlu pakai prinsip-prinsip inspirasi dari kopi!

5. Mengunyah permen karet

cara mengatasi cemas berlebihan
omahadentists.net

Cara yang paling simpel dan gak pakai ribet untuk mengatasi kecemasan berlebihan adalah mengunyah permen karet. Kenapa dengan mengunyah permen karet bisa menghilangkan kecemasan berlebihan?

Menurut American Dental Association dalam laman stress.org, dikatakan bahwa mengunyah permen karet selain dapat membersihkan gigi dan mulut dari bakteri, dapat meningkatkan produksi air liur serta aliran darah menjadi lancar menuju otak. Hal inilah yang dapat meningkatkan konsenterasi dan membuat kamu lebih rileks dan santuy.

6. Buat diri kamu sibuk

cara mengatasi cemas berlebihan
thriveglobal.com

Jika kamu terjebak dalam aktivitas yang memaksa kamu memang harus sendirian tanpa tiada yang menemani, sesekali buat diri kamu tetap sibuk disela aktivitas yang sedang kamu kerjakan. Cara sederhana kamu bisa mendengarkan musik serta ikut bernyanyi kecil atau teriak kalau situasi memungkinkan.

Kalau aktivitas kamu cuma menunggu, lebih baik membunuh waktu dengan main game, browsing dan atau buat diri kamu sibuk dengan mencatat-catat entah itu membuat to do list atau hanya sekadar iseng corat-coret menulis.

7. Rutin berolahraga dan istirahat yang cukup

cara mengatasi cemas berlebihan
bustle.com

Kiat untuk menghilangkan kecemasan berlebihan, pastinya dengan mengatur pola hidup yang sehat. Pastikan kamu rutin untuk melakukan olahraga. Kalau belum sempat, kamu bisa melakukan sedikit peregangan atau streetching di sela aktivitas kamu. Ini akan membuat otot tubuh kamu lebih rileks dan gak tegang, begitu pun dengan pikirian.

Dan pastinya kamu juga bukan robot yang gak butuh tidur. Pastikan kamu istirahat yang cukup dan jangan memaksakan diri untuk sebuah sesuatu hal yang belum pasti, ya!

Yups, itulah cara mengatasi cemas berlebihan yang terkadang datang disaat waktu yang gak tepat. Pada intinya, semua tergantung bagaimana cara kamu mengelola dan menghadapi situasi yang ada yang dapat menimbulkan kecemasan berlebihan. Namun yang pasti, kamu harus tetap santuy dan berpikir positif.

Baca juga: 7 Gejala yang Muncul Kalau Kamu Membohongi Diri Sendiri

Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan yang Mengganggu Aktivitas"